Home Nasional Menpan RB Wajibkan ASN Upacara dan Menyanyikan Indonesia Raya Setiap Senin

Menpan RB Wajibkan ASN Upacara dan Menyanyikan Indonesia Raya Setiap Senin

TELENEWS.ID – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo nampaknya ingin membangkitkan jiwa nasionalisme Aparatur Sipil Negara (ASN), dimana membuat aturan baru yang mewajibkan adanya upacara bendera di hari Senin.

Bukan hanya upacara bendera di hari Senin saja, ASN juga wajib menyanyikan lagu Indonesia Raya setiap harinya, bukan hanya saat upacara saja. Langkah ini diharapkan bisa meningkatkan kembali rasa cinta pada bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Langkah tegas ini diharapkan untuk segera dilaksanakan.

Meskipun demikian, aturan baru ini nantinya akan dilaksanakan terlebih dahulu di lingkungan kantor Kemenpan RB yang dimulai pada hari senin ini hingga sebulan ke depan. Nantinya Tjahjo berharap di awal Juli 2021 mendatang, semua kantor kementerian, lembaga, instansi dan pemerintah daerah akan menerapkan hal tersebut.

Bukan hanya perkantoran dengan menyasar ASN saja, Tjahjo juga menerapkan hal serupa di sekolah-sekolah. Dimana bukan hanya pendidik dan tenaga di sekolah saja yang harus melaksanakan kebijakan tersebut tetap semua siswa yang ada di sekolah.

“Dimulai pada minggu kedua Juni 2021. Apel pagi setiap hari senin pukul 08.00 WIB akan diikuti oleh seluruh pejabat pimpinan dan pegawai K/L/Pemda. Saat pandemi seperti sekarang, ini akan acara akan dilaksanakan secara virtual dan fisik terbatas” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Tjahjo juga memberikan rundown acara upacara bendera yang baru, dimana upacara bendera bukan hanya difokuskan pada Pengibaran dan Penghormatan kepada Bendera Merah Putih saja. Namun semua peserta upacara harus menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan ikrar Korpri secara lantang. Setelah itu baru dilakukan pengarahan Pembina upacara dan pembacaan doa.

Tjahjo juga menjelaskan bukan hanya hari senin ASN akan menyanyikan lagi Indonesia Raya, namun kegiatan ini akan dilakukan juga di hari Selasa, Rabu, Kamis dan Jumat pada pukul 10.00 WIB, namun ini akan disiarkan langsung dan harus diikuti oleh semua elemen di Kemenpan RB, pengecualian hanya terbatas dan disetujui oleh atasan.

Baca juga :  Pemerintah Terapkan PPKM Darurat, Menpan RB Siapkan Aturan Kerja Baru Untuk ASN

Sedangkan untuk Rabu dan Jumat, semua ASN harus membacakan Pancasila. Pembacaan pancasila dilakukan setelah menyanyikan lagu Indonesia raya. Tjahjo berharap nantinya semua ASN bisa mengikuti acara tersebut dengan sikap sempurna, baik yang melaksanakan di kantor atau acara virtual, kegiatan ini akan dilakukan setiap pukul 10.00 WIB.

Baca juga :  Kucurkan Dana Rp 10 triliun, KemenPuPR percepat Program PKT di 34 Provinsi

Apakah langkah ini terbukti ampuh untuk kembali meningkatkan rasa nasionalisme ASN, padahal banyak yang melupakan apa isi Pancasila dan tidak lagi ingat Lagu Indonesia Raya. Namun jika ini dilakukan hampir setiap harinya, bisa jadi pengingat karena kegiatan tersebut dilakukan berulang kali. (Chairunisa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...

Kementerian PUPR Antisipasi Banjir di Mandalika

TELENEWS.ID - Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan berbagai infrastruktur pendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang merupakan salah satu...

Tetap Cantik Saat Touring, Ini 6 Tips Menjaga Kulit dan Rambut untuk Para Lady Biker

TELENEWS.ID - Kesan garang dan tangguh dari seorang lady biker memang tak bisa untuk dipungkiri. Ini karena touring dengan motor umumnya dilakukan...