Home Internasional RI Siapkan Pendidikan Tinggi Kelas Dunia, Ma’ruf Amin : Perlu Kolaborasi Dan...

RI Siapkan Pendidikan Tinggi Kelas Dunia, Ma’ruf Amin : Perlu Kolaborasi Dan Transformasi Dengan Dunia

TELENEWS.ID – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan dunia pendidikan di era teknologi informasi saat ini memiliki tantangan tersendiri yakni hadirnya pendidikan online dan generasi digital.

Dengan begitu, Ma’ruf berharap institusi pendidikan tinggi bisa menghadapi tantangan tersebut dengan tetap fokus mencetak sumber daya manusia (SDM) unggul, berdaya saing global, dan berakhlak mulia.
Hal tersebut diharapkannya supaya pendidikan di Indonesia bisa menjadi kelas dunia.

Ma’ruf menuturkan, diperlukan transformasi dan kolaborasi dengan dunia usaha dan dunia industri, pemerintah, lembaga non-pemerintah, organisasi profesi, masyarakat, serta media.

“Transformasi dan kolaborasi diperlukan pula untuk menjadikan pendidikan tinggi berkelas dunia,” kata Ma’ruf ketika menghadiri The 5th International Seminar and Conference on Global Issues (ISCoGI) 2021 secara virtual dari Kediaman Resmi Wapres, Jakarta Pusat, Sabtu (18/12/2021).

Dalam acara yang bertema “University President Forum: Building Good University Governance Towards a World Class University” tersebut, Ma’ruf menjelaskan kalau transformasi dan kolaborasi tersebut dapat diterapkan melalui empat kerangka konkret.

Pertama, melalui peremajaan tata kelola manajemen sistem pendidikan, dan pengembangan riset dengan mengedepankan good university governance melalui nilai-nilai seperti transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, keadilan, penjaminan mutu, dan relevansi.

Ma’ruf menganggap itu penting supaya pembiayaan semakin efisien, serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi selaras dengan kebutuhan industri dan masyarakat.

Kedua, melalui peninjauan metodologi penelitian agar adaptif dengan kemajuan teknologi informasi.

Ma’ruf mencontohkan banyaknya lembaga riset telah memanfaatkan kecerdasan buatan dan big data dalam survei massal. Dengan hasil analisis dan rekomendasi kebijakan yang mendekati real-time, sulit ditandingi oleh metode survei manual.

Kemudian yang ketiga ialah peningkatan kerja sama internasional antar universitas pada tataran individu, seperti program pertukaran antar dosen maupun antar mahasiswa.

Baca juga :  Ditengah Pandemi Covid-19, Rusia Mulai Uji Vaksin

“Harapannya dapat meningkatkan kualitas penelitian dosen, kualitas alumni, model pengajaran dan pembelajaran, hingga program pengabdian masyarakat,” imbuhnya.

Sementara yang keempat, Ma’ruf menekankan bahwa pendidikan tinggi dituntut untuk menjadi pusat budaya dan penggerak perubahan sosial menuju masyarakat yang demokratis, berpandangan maju, sekaligus beriman dan berakhlak mulia.

Dengan empat langkah konkret tersebut, Ma’ruf menilai dunia pendidikan akan mampu menghadapi tantangan-tantangan yang terjadi dan berkembang secara dinamis.

“Inilah peran penting pendidikan tinggi yang tidak boleh terlupakan, agar penguasaan teknologi maju tetap diimbangi dengan aspek kemanusiaan dan keimanan,” pesannya. (Nanang Middin)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...

Pertamina Jadi Perusahaan RI Satu-satunya Masuk ke Fortune Global 500, yuk Simak Faktanya

TELENEWS.ID - Sejumlah prestasi dan kontribusi Pertamina untuk menyediakan energi bagi masyarakat Indonesia masih terus ditingkatkan. Bentuk prestasi Pertamina...

Mentan Sarankan Masyarakat Konsumsi Singkong untuk Gantikan Gandum yang Semakin Mahal

TELENEWS.ID - Kondisi harga gandum secara global mengalami perubahan dan meningkat lebih mahal karena kondisi perang Rusia-Ukraina. Alhasil dari...