Home Daerah Banten SKB Kabupaten Tangerang Mengadakan Workshop Penguatan TBM

SKB Kabupaten Tangerang Mengadakan Workshop Penguatan TBM

TELENEWS.ID – UPT SPNF Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Tangerang menyelenggarakan workshop penguatan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di lingkungan Kabupaten Tangerang pada Rabu (18/08/2021). Acara yang digelar di kantor SKB Tangerang ini sekaligus juga sebagai pelantikan dari Pengurus Daerah Taman Bacaan Masyarakat Kabupaten Tangerang untuk periode 2021 – 2028.

Dalam kegiatan workshop tersebut, diharapkan nantinya bisa meningkatkan fungsi dari TBM di Kabupaten tangerang, dan juga forum TBM yang ada di Kabupaten Tangerang agar kembali bangkit dari keterpurukan karena adanya pandemi ini dan mencari solusi agar masyarakat tetap bisa membaca. Kegiatan workshop ini rencananya akan diadakan selama 3 hari mulai dari Rabu (18/08/2021) hingga Jumat (20/08/2021).

Pelantikan Pengurus Daerah TBM Kabupaten Tangerang 2021-2028 (Latief/Telenews.id)

Dalam sambutannya, kepala SKB Kabupaten Tangerang, Huriah S.E. mengatakan bahwa semua kegiatan ini dananya bersumber dari Kementerian Pendidikan dan jumlah peserta yang mengikuti workshop sebanyak 30 orang yang berasal dari unsur TBM Mandiri, Dinas, dan juga dari SKB itu sendiri.

Lewat kegiatan ini juga, dilakukan pelantikan untuk Pengurus Daerah TBM Kabupaten Tangerang untuk 7 tahun ke depan. Dengan adanya pelantikan ini, maka diharapkan organisasi ini bisa berjalan dengan baik sebagai sebuah tim yang solid. Nantinya, setiap anggota juga harus bisa memberikan ide-ide cemerlang untuk kemajuan dari TBM ini.

Kepala SKB Kabupaten Tangerag, Huriah S.E. (Latief/Telenews.id)

Kegiatan Workshop SKB ini masuk ke dalam kegiatan keaksaraan, di mana yang lebih ditekankan dalam acara ini adalah kembali meningkatkan minat baca masyarakat. Untuk bisa mewujudkan hal tersebut, menurut Kepala SKB Kabupaten Tangerang, Huriah S.E. harus didirikan taman bacaan ideal. Ketika masyarakat membaca buku yang ada di TBM,kemudian hasil bacaannya yang diterima digunakan untuk memberdayakan masyarakat, maka taman bacaan tersebut termasuk taman bacaan ideal.

Baca juga :  Zona Megathrust, Pesisir Pangandaran Siaga Bencana Gempa dan Tsunami

Apabila taman bacaan yang dikelola bisa merevolusi minat membaca, maka TBM yang ada di lingkungan sudah bisa dikatakan sebagai TBM yang ideal. Kemudian, keberadaan TBM ini diharapkan bisa merubah masyarakat yang tuna informasi menjadi masyarakat yang berliterasi. Karakteristik TBM ideal adalah memiliki struktur organisasi yang kuat yang bekerja sama membuat program untuk bisa memberdayakan masyarakat sekitar melalui adanya Taman Bacaan Masyarakat ini. (Latief)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...

Kementerian PUPR Antisipasi Banjir di Mandalika

TELENEWS.ID - Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan berbagai infrastruktur pendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang merupakan salah satu...

Tetap Cantik Saat Touring, Ini 6 Tips Menjaga Kulit dan Rambut untuk Para Lady Biker

TELENEWS.ID - Kesan garang dan tangguh dari seorang lady biker memang tak bisa untuk dipungkiri. Ini karena touring dengan motor umumnya dilakukan...