Home Daerah Edi Rahmayadi Ajak Generasi Milenial Ikut Promosikan Pariwisata

Edi Rahmayadi Ajak Generasi Milenial Ikut Promosikan Pariwisata

TELENEWS.ID – Stagnannya dunia pariwisata akibat diterjang pandemi Covid-19 selama satu tahun belakangan harus jadi perhatian semua kalangan, termasuk para generasi milenial yang dapat mengambil peran untuk mempromosikan objek wisata di masing-masing daerah lewat berbagai platform yang kini tersedia.

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi menyebut, dunia pariwisata adalah yang paling terdampak oleh Covid-19. Karena itu, semua pihak harus saling bergandengan tangan agar pariwisata kembali bangkit. Meski pandemi belum usai, penerapan protokol kesehatan dengan adaptasi kebiasaan baru harus jadi solusi.

Dipercaya sebagai narasumber sarasehan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia 2021 dengan tema ‘Generasi Milenial Technopreneurship dan Menggali Potensi Pariwisata di Indonesia’ melalui virtual, beberapa waktu lalu, Edy Rahmayadi mengajak para generasi muda untuk ikut mengambil peran dalam menghidupkan dunia pariwisata. 

Dari sisi pemerintahan, pihaknya bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) saat ini tengah mengkaji dan menunggu langkah untuk membuka kembali pariwisata Danau Toba, di masa pandemi Covid-19.

“Dalam kondisi saat ini kami bersama Forkopimda masih melakukan edukasi mengenai Covid-19 pada masyarakat, lalu kita memberikan stimulus pada UMKM, selanjutnya melakukan pembenahan dan pemeliharaan untuk mengembalikan penghijauan di Danau Toba, sembari menunggu langkah selanjutnya yang akan kita lakukan untuk membuka kembali pariwisata di Sumut,” ucap Edy Rahmayadi.

Hadir di antaranya Staf Khusus Bidang Entrepreneurship Pariwisata Kemenkraf RI Pradana Indra Putra (virtual), Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut Ria Telaumbanua, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut Irman Oemar, serta anggota PPI. 

Edy Rahmayadi berharap, para anggota PPI sebagai generasi milenial dapat berkontribusi untuk menggali dan memajukan potensi wisata di Indonesia. Antara lain dengan menjadi influencer yang aktif mempromosikan wisata di Indonesia, termasuk Danau Toba melalui media social (Medsos). Ikut menggiatkan UMKM melalui platform digital, serta aktif dalam kegiatan pariwisata melalui online.

Baca juga :  Tidak Ada Izin, Pemkab Bintan Pulangkan 39 TKA Asal China dari PT BAI

“Kita berharap generasi milenial dapat menggunakan Medsos mereka untuk mempromosikan wisata kita. Saat ini Instgram dan Youtube sebagai flatform digital yang banyak digunakan,” katanya.

Staf Khusus Bidang Entrepreneurship Pariwisata Kemenkraf, RI Pradana Indra Putra dalam paparanya mengatakan sampai saat ini UMKM di Indonesia baru 13 persen yang sudah menyentuh digitalisasi dalam memperkenal produknya. Dari data Bank Indonesia (BI) menyebutkan 87,5 persen UMKM terdampak Covid-19. 

Untuk sektor pariwisata sendiri akibat pandemi ini seluruhnya terdampak, begitu juga sektor konstruksi -17,9 persen dan perdagangan -3,2 persen. Namun sektor UMKM lainnya ada yang mengalami peningkatan di antaranya, pertanian +16.7 persen, pengolahan +1,5 persen, dan real estate +13 persen.

Baca juga :  Butiran Emas Muncul di Pantai Maluku, Ada Potensi Kerusakan Alam

“Susahnya pariwisata ini memang karena regulasi yang harus dilaksanakan seperti PSBB yang terjadi. Regulasi memang melarang adanya perkumpulan dan sebagainya. Makanya digitalisasi bagi UMKM sangat penting, namun hanya 13% saja yang menggunakannya,” katanya.

Pradana berharap, dalam situasi pandemi ini, generasi muda untuk dapat membuka peluang usaha untuk membantu pemerintah meningkatkan ekonomi. Menurutnya sebagian besar usaha di Indonesia masih berbasis mikro dan diharapkan dapat terus berkembang menjadi industri. Pemerintah saat ini juga tengah berupaya agar pengusaha mikro ini dapat naik kelas. (Taufik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Ladies, Kenali 6 Tanda Cowok Parasit yang Perlu Diwaspadai

TELENEWS.ID - Hubungan mantan pasangan Laura Anna dan Gaga Muhammad kembali memanas. Laura yang merasa dirugikan baik secara fisik maupun finansial, akhirnya...

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID - Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya,...

Hati-hati, Dokter Peringatkan Bahaya Memakai Celana Jeans Ketat Bagi Organ Intim Wanita

TELENEWS.ID - Praktis, stylish dan bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja membuat celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit kaum...

Manchester United Ditangan Ralf Rangnick, Apakah Mampu Bersaing?

TELENEWS.ID - Belakangan nama Ralf Rangnick mencuat di kancah dunia sepak bola untuk menjadi juru taktik klub Manchester United. Seperti diketahui bersama,...