Home Pilihan Hapernas Ke XIII Tahun 2020, Kementerian PUPR Gelar Pameran Virtual Rumah Subsidi...

Hapernas Ke XIII Tahun 2020, Kementerian PUPR Gelar Pameran Virtual Rumah Subsidi Pertama di Indonesia

TELENEWS. id,  JAKARTA – Dalam rangka mensukseskan peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) Ke-XIII Tahun 2020, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan rangkaian kegiatan diantaranya webinar seputar program perumahan, ziarah makam Wakil Presiden Pertama yang juga Bapak Perumahan Indonesia Muhammad Hatta (Bung Hatta) serta pameran rumah perumahan rakyat yang diselenggarakan pada 25 – 29 Agustus 2020. Di tengah Pandemi COVID-19, Kementerian PUPR berupaya meminimalisir kerumunan dan tatap muka dengan menyelenggarakan pameran perumahan secara virtual yang dapat diakses melalui online.

Pameran virtual perumahan subsidi ini merupakan pertama kali dilaksanakan di Indonesia dan akan dibuka secara langsung oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono secara on venue atau via virtual pada 25 Agustus 2020. Acara pembukaan pameran juga ditayangkan secara live via zoom dan YouTube Badan Layanan Umum (BLU) Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP).

“Pemanfaatan teknologi harus memberikan nilai tambah bagi pelaksanaan pembangunan infrastruktur, bukan sekedar ikut-ikutan atau mengikuti tren sesaat. Untuk terus menuju ke arah e-learning, maka harus disiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dapat menggunakan teknologi informasi,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis dari Kemenpupr.

Bagi masyarakat yang ingin mengunjungi pameran dapat langsung mengakses melalui website www.hapernas20.com. Pameran virtual perumahan ini juga berkesinambungan dengan aplikasi Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan alias SiKasep milik Kementerian PUPR yang dapat diunduh langsung melalui aplikasi Play Store, sehingga masyarakat dapat mudah mendapatkan informasi tentang pembiayaan perumahan.

Pameran virtual akan melibatkan 13 Bank Pelaksana penyalur dana program subsidi perumahan yakni Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dan Subsidi Selisih Bunga (SSB) serta 170 pengembang perumahan subsidi dan Perum Perumnas. Ketigabelas Bank Pelaksana tersebut adalah Bank BTN, BTN Syariah, BNI, Mandiri, BRI, BRIS, BJB, Jatim Syariah, Kalsel Syariah, Sumsel Babel, Sulteng, Riau Kepri dan NTB Syariah.

Baca juga :  KemenPUPR Terus Bantu Penanganan Darurat Banjir Bandang di Luwu Utara

Direktur Utama PPDPP, Arief Sabaruddin selaku Ketua Sub Bidang Pameran Foto secara virtual Hapernas Tahun 2020 mengatakan melalui pameran perumahan virtual ini, masyarakat dapat mengakses dan mendapatkan informasi tentang pembiayaan perumahan dan rumah subsidi yang masih ready stock dari 170 pengembang yang ikut serta.

“Pameran virtual ini merupakan pameran pertama yang dilaksanakan di Indonesia untuk perumahan subsidi. Masyarakat dengan kondisi Pandemi COVID-19 ini tidak perlu harus keluar rumah untuk melihat pameran, cukup dengan mengakses link pameran kami, masyarakat di seluruh Indonesia sudah bisa melihat rumah yang diinginkan dan memilih bank pelaksana yang sesuai dengan keinginan mereka,” ujar Arief Sabaruddin.

Baca juga :  KemenPUPR Bangun 500 Hunia Pariwisata di NTB

Selama pelaksanaan pameran juga akan diselenggarakan akad massal untuk kepemilikan rumah subsidi sebanyak 16.180 calon debitur pada Program FLPP dan SSB terhitung dari 1–25 Agustus 2020. Rinciannya adalah 10.917 unit SSB dan 5.263 unit FLPP yang disalurkan melalui 13 bank pelaksana.

Terhitung hingga Rabu (19/8/2020), dana pembiayaan FLPP tahun 2020 yang telah disalurkan sebanyak 84.080 unit senilai Rp 8,54 triliun. Sehingga total penyaluran dana FLPP dari tahun 2010 – 2020 sebanyak 739.682 unit senilai Rp52,91 triliun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Permohonan Gubernur Anies Baswedan untuk bertemu dengan Bapak Presiden Ir. Joko Widodo

TELENEWS.ID - Saya, Prof. Otto Cornelis Kaligis, Warga Binaan Lapas kelas satu Sukamiskin Bandung, dalam kedudukan saya sebagai praktisi dan ahli hukum,...

Inikah 5 Alasan Nekat Pria Berselingkuh Meski Sudah Punya Pasangan Sempurna?

TELENEWS.ID - Beberapa waktu lalu jagat media sosial dikejutkan dengan kabar YouTuber dan influencer Nessie Judge yang mengakhiri hubungan dengan kekasihnya, Bram...

Pemerintah Hormati Putusan MK Terkait UU Cipta Kerja

TELENEWS.ID - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pemerintah menghormati dan segera melaksanakan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 91/PUU-XVIII/2020 terkait Undang-Undang (UU) Nomor...

Anies Tunjuk Sekjen IMI Sebagai Ketua Pelaksana Formula E, Ada Apa?

TELENEWS.ID - Ajang Formula E yang sedianya akan dilaksanakan pada bulan Juni tahun 2022 nanti tinggal menunggu waktu. Namun, hingga saat ini...