Home Nasional Menparekraf Sandiaga Ungkap Jumlah Kamar Hotel Kurang 25 Ribu Kamar, Jelang MotoGp...

Menparekraf Sandiaga Ungkap Jumlah Kamar Hotel Kurang 25 Ribu Kamar, Jelang MotoGp Mandalika

Facebook
Twitter

TELENEWS.ID – Turnamen internasional MotoGP akan segera diselenggarakan di Mandalika, Lombok pada 18 Maret mendatang. Jelang dua bulan acara berlangsung, kapasitas kamar hotel di Mandalika ternyata masih kurang.

“Untuk MotoGP, kita melihat setelah ditambah kapasitas penonton menjadi 100 ribu, masih ada kekurangan sekitar 20-25 ribu kamar,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam Media Press Briefing virtual, Senin (17/1/2022).

Sandiaga menginstruksikan agar panitia menghitung ulang kapasitas hotel yang tersedia.

“Karena banyak sarana hunian wisata maupun hotel dihitung dengan single atau maximum capacity hanya 1 sampai 2 orang. Padahal kenyataannya kalau kita lihat Komunitas dari roda dua maupun komunitas pencinta wisata otomotif, banyaknya mereka mungkin bergerak dalam satu grup. Jadi ini harus dihitung betul berapa kebutuhannya,” tutur Sandi.

Kemenparekraf beserta Kementerian PUPR sebenarnya telah menyediakan kamar hotel di kawasan Lombok yang ditambah dengan Sarana Hunian Pariwisata (sarhunta) atau homestay. Selain itu, juga ditambah dengan kabin dan glamping.

Selain menginap di Lombok, para wisatawam bisa saja bermalam di Bali. Saat akan menonton MotoGP bisa diantar dengan shuttle bus khusus.

“Kami menyediakan, bersama Kementerian Perhubungan, yang memungkinkan para penonton bisa tinggal di Bali. Pagi-pagi diangkut dengan shuttle menuju Mandalika untuk menonton MotoGP, dan kembali melalui shuttle juga sore hari. Ini yang sedang kita siapkan. Kami optimis bahwa MotoGP ini bisa sukses,” ujarnya.

Upaya lainnya, Sandi menambahkan, akan disediakan campervan, yakni fasilitasi mobil yang ubah menjadi hunian dengan sarana listrik dan air yang disediakan.

“Kami melihat salah satu potensi itu ada di area protekpar Lombok, tidak jauh dari Mandalika. Ini menjadi salah satu inovasi untuk memberikan ruang bagi kebangkitan ekonomi kita dan ketersediaan akomodasi,” pungkasnya. (Nanang Middin)

Facebook
Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kata Ahli, 5 Jenis Makanan Ini Harus Dikonsumsi Anak Setiap Hari

TELENEWS.ID - Orangtua akan melakukan segala cara agar buah hati mereka mendapatkan yang terbaik. Termasuk dalam urusan gizi dan kesehatan. Salah satunya...

Rakernas Partai Pelita Dihadiri Gatot Nurmantyo dan Ahmad Riza Patria

TELENEWS.ID – Pada Senin (16/05/2022) Partai baru, Partai Pelita mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara. Pada acara...

Wajarkah Merasa Cemas Setelah Jokowi Perbolehkan Lepas Masker di Area Terbuka? Ini Penjelasannya!

TELENEWS.ID - Presiden Jokowi mulai melonggarkan aturan penggunaan masker di ruangan terbuka. Presiden menyampaikan hal ini melalui video pernyataan pers yang disiarkan...

Panas! Isu Sponsor Ghaib Formula E!

TELENEWS.ID - Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta, Anggara Wicitra meragukan validitas dari sponsorship untuk ajang Formula E. menurutnya, belum adanya pengumuman...