Home Gaya hidup Ternyata Begini 5 Cara Mudah Untuk Meningkatkan Imun Tubuh

Ternyata Begini 5 Cara Mudah Untuk Meningkatkan Imun Tubuh

TELENEWS.ID-Di masa pandemi seperti sekarang ini, tidak ada yang lebih penting selain menjaga agar tubuh selalu sehat dan fit. Ini karena imun berperan sebagai benteng pertahanan paling awal dari tubuh manusia. Jika benteng ini tidak berfungsi secara maksimal, maka tentu saja kesehatan kita yang menjadi taruhannya.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imun tubuh, terutama bagi kamu yang masih tetap menjalani aktivitas normal meskipun tetap menerapkan social distancing dan protokol kesehatan. Melansir dari houstonmethodist, berikut ini ada beberapa tips cara meningkatkan imun tubuh secara cepat dan juga efektif.

  1. Perhatikan makanan yang dikonsumsi
    You are what you eat. Jika kamu mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan sembarangan, maka jangan harap tubuhmu akan berhasil membangun imun guna melindungimu dari berbagai penyakit.

Makanan yang sehat dengan gizi seimbang adalah pondasi utama untuk meningkatkan imun tubuh. Bukan hanya sekedar pengganjal perut, tapi kamu juga wajib untuk mengkonsumi makanan yang memberikan nutrisi, energi dan juga manfaat untuk tubuh kamu.

Perlu kamu ketahui bahwa untuk meningkatkan imun tubuh, setidaknya makanan yang kamu konsumsi harus mengandung vitamin B6 yang bisa kamu dapatkan dari daging ayam, aneka jenis ikan laut, aneka sayuran hijau dan juga yang paling murah meriah tentu buah pisang.

Selain vitamin B6, Vitamin C yang terdapat dalam buah-buahan seperti jeruk, stroberi dan tomat juga bisa membantu meningkatkan imun tubuh kamu loh. Terakhir kamu juga bisa menyempurnakan asupan vitamin dengan banyak mengkonsumsi kacang almon dan bayam yang tinggi akan kandungan Vitamin E di dalamnya.

  1. Kurangi rebahan, perbanyak olahraga
    Jangan berharap imun tubuhmu akan meningkat pesat, jika sehari-hari yang kamu lakukan hanya rebahan saja. Kamu juga perlu aktivitas fisik untuk membantu agar imun tubuh selalu terjaga.

Olahraga rutin juga akan membantu memperlancar peredaran darah, yang artinya mempermudah sel-sel imun untuk menyebar ke seluruh tubuh. Tidak perlu lama-lama, 30 menit olahraga dengan intensitas sedang hingga tinggi sudah cukup loh untuk membantu meningkatkan imun tubuh kamu.

  1. Jangn lupa untuk selalu mengkonsumsi air putih
    Salah satu kunci penting untuk meningkatkan imun tubuh secara cepat adalah dengan memastikan tubuhmu selalu terhidrasi dengan baik. Caranya, tentu saja kamu harus banyak mengkonsumsi air putih secara rutin.
Baca juga :  Waham, Gangguan Mental yang Bisa Sebabkan Delusi

Cairan limfa dalam tubuh yang membawa anti infeksi dan sel imun ke seluruh tubuh, sebagian besar terdiri dari air. Nah untuk membantu memaksimalkan fungsi limfa ini, tentu kamu harus banyak-banyak mengkonsumsi air putih.
Ga suka rasa air putih yang tawar? Kamu bisa mengakalinya dengan mencampurkan potongan buah segar, sehingga minum air putih pun jadi lebih menyenangkan.

  1. Jangan terlalu sering begadang
    Peneliti menemukan bahwa mereka yang terlalu sering begadang dan tidak cukup beristirahat terutama di malam hari, jadi lebih rentan tertular berbagai penyakit. Karena itulah kamu harus mengurangi begadang, agar imun tubuh bisa terjaga.

Saat kamu tidur, tubuhmu memproduksi molekul-molekul penting untuk melawan infeksi dan juga meningkatkan daya tahan tubuh. Tidur yang cukup juga membantu untuk menjaga mood kamu selalu stabil loh, jadi kamu tidak gampang stress dan emosional.

  1. Rileks, jangan stress
    Makan bergizi sudah, olahraga juga sudah, tapi kok masih gampang sakit ya? Mungkin salah satu alasannya adalah kamu terlalu stress, sehingga tubuhmu pun kesulitan untuk mendapatkan imun yang cukup.
Baca juga :  Buka Kelas Yoga Bugil, Wanita Ini Tuai Kontroversi

Ketika kamu stress atau mood mu kurang baik, tubuh mu juga menyadarinya dan meresponnya sebagai ancaman sehingga kemampuan imun untuk melawan antigen berkurang dengan sangat drastis. Inilah yang membuat kita jadi gampang sakit saat mengalami stress. Selain itu saat kamu stres, tubuh melepaskan hormon corticosteroid, yang menjadi musuh imun karena bisa menurunkan kadar limposit dalam tubuh.

Pada dasarnya, gaya hidup yang sehat dan juga teratur adalah kunci utama untuk meningkatkan imun tubuh kamu. Namun kamu bisa kok mempraktekan hal-hal di atas untuk semakin memaksimalkan daya tahan tubuh untuk melawan penyakit. Selamat mencoba! (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Bisa Memicu Jerawat, Ini 5 Efek Buruk Makanan Pedas Bagi Kesehatan

TELENEWS.ID-Orang Indonesia dikenal sebagai pencinta makanan pedas. Rasanya makan tak lengkap tanpa menambahkan satu sendok sambal,atau menambahkan banyak cabai dalam masakan. Bahkan...

Lesty-Billar Sembunyikan Pernikahan Siri, Ternyata Ada Manfaat Dari Menikah Diam-diam

TELENEWS.ID-Berita mengejutkan datang dari pasangan muda Rizky Billar dan Lesty Kejora. Setelah isu Lesty berbadan dua sebelum resmi menikah, pasangan ini pun...

Ingin Punya Kulit Glowing Seperti Tasya Farasya? Coba Santap Buah-buahan Segar ini

TELENEWS.ID-Tasya Farasya belum lama ini merilis brand kosmetiknya sendiri, yang langsung laris manis bak kacang goreng. Wanita cantik berdarah Timur Tengah ini...

Ditemukan Klaster Sekolah, Ini Tips Tingkatkan Imun Anak Agar Siap PTM Terbatas

TELENEWS.ID-Ditemukannya klaster sekolah belum lama ini tentu membuat banyak orangtua merasa was-was. Apalagi memang anak-anak di beberapa wilayah akan segera masuk sekolah...