Home Metropolitan Akibat Covid-19,Anies Sebut Pendapatan Pajak di Jakarta Turun Hingga Rp 40 Triliun

Akibat Covid-19,Anies Sebut Pendapatan Pajak di Jakarta Turun Hingga Rp 40 Triliun

TELENEWS. id. JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan,  dampak ekonomi dari wabah virus corona (Covid-19)  mulai terasa di pemerintahannya. 

“Ini adalah krisis kesehatan umum,  kini sudah mulai terasa sebagai krisis ekonomi, ” kata Anies di Balai Kota Jakarta,  Jumat (29/5/2020).

Anies mengaku di Jakarta sudah menunjukkan tanda-tanda wabah melandai dengan berbagai upaya termasuk pembatasan kegiatan secara bersama -sama di semua bidang, tapi masalah yang ada belum selesai,  terutama di sektor perekonomian.

“Kegiatan sosial,  kegiatan agama terhenti,  kegiatan budaya terhenti, dan tentu saja kegiatan perekonomian juga terhenti. Pasar terganggu,  perdagangan terganggu., perindustrian, serta kegiatan perekonomian informal juga banyak yang terhenti, ” ucapnya. 

Anies menyampaikan,  bahwa di Jakarta, pendapatan pajak Jakarta turun dari 50,17 triliun menjadi Rp 22,5 triliun,  tinggal 45 persen. Anggaran Jakarta turun dari Rp 87,9 triliun menjadi Rp 47,2triliun, atau tinggal 53 persen. 

“Belum pernah di dalam sejarah Pemprov DKI Jakarta, kita mengalami penurunan pendapatan sebesar ini, yaitu lebih dari Rp40 triliun,” sebutnya. 

Menurut dia, keputusan relokasi anggaran harus diambil, karena dalam kondisi pendapatan yang berkurang separuh, maka harus dilakukan relokasi, pengurangan anggaran di berbagai sektor belanja langsung dan belanja tidak langsung.

“Semua harus mengalami pemangkasan dan pemangkasannya drastis. Itu konsekuensinya, karena tidak ada pilihan,” paparnya. (RIO).

Baca juga :  Cara Daftar, Perpanjangan dan Biaya SIM Online Terbaru
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Belajar Dari Marshanda, Lakukan 5 Hal Ini untuk Membantu Teman yang Mengalami Masalah Kesehatan Mental

TELENEWS.ID - Artis Marshanda dikabarkan menghilang saat sedang berada di Los Angeles, Amerika Serikat. Hal ini diketahui saat salah satu teman Caca,...

Arumi Bachsin Dituding Menolak Bersalaman, Ternyata Ada Risiko Kesehatan Dibalik Kebiasaan Berjabat Tangan

TELENEWS.ID - Artis sekaligus istri wakil gubernur Jawa Timur, Arumi Bachsin menjadi sorotan warga net. Pasalnya beredar video yang menunjukkan bahwa istri...

Hati-hati, Inilah Minuman yang Meningkatkan Risiko Kanker Prostat pada Pria!

TELENEWS.ID - Salah satu gangguan kesehatan yang paling ditakuti oleh pria adalah kanker prostat. Dikenal sebagai silent killer atau pembunuh diam-diam, kanker...

Kompetisi Sepak Bola Dalam Negeri Malah Meredam Prestasi di Kancah Internasional

TELENEWS.ID – Sepak Bola merupakan salah satu olahraga peringkat pertama yang menjadi favorit bagi masyarakat dunia termasuk Indonesia. Pesta sepak bola di...