Home Metropolitan Apakah Sirkuit Ancol Sudah Memenuhi Standar Internasional?

Apakah Sirkuit Ancol Sudah Memenuhi Standar Internasional?

TELENEWS.ID – Pembangunan sirkuit Formula E yang sekarang ini sedang dibangun menambah panjang daftar sirkuit yang ada di Indonesia. Setelah sirkuit Mandalika yang siap untuk melaksanakan ajang MotoGP, kemudian juga West java International Circuit atau Sirkuit Sentul yang sedang direnovasi, kini ada Sirkuit Ancol yang pembangunannya dikebut untuk mengejar waktu pelaksanaan Formula E.

Belum selesai dibangun, PT Jakpro sudah menginformasikan bahwa akan ada 4 ajang balap internasional yang nantinya akan dilaksanakan di sirkuit ini. Namun, pihaknya belum bisa menginformasikan secara detail tentang siapa yang menyelenggarakan ajang tersebut, dan juga balapan jenis apa yang nantinya akan dilombakan di sirkuit yang ada di kawasan Ancol tersebut.

Jika memang demikian, seharusnya Sirkuit Ancol nantinya sudah menjadi sirkuit yang sudah memiliki standar internasional yang bisa menyelenggarakan ajang balapan kelas dunia. Seperti halnya sertifikasi, setiap sirkuit yang dibangun nantinya akan ditentukan apakah akan mendapatkan Lisensi A atau Lisensi B sesuai dengan penilaian dari badan terkait.

Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi agar sebuah sriti bisa menjadi standar internasional. Pertama, untuk layout harus memiliki lebar minimal 12 meter dengan bagian starting grid yang memiliki lebar 14 meter. Sementara untuk panjang lintasan minimal 3,5 kilometer dengan jumlah tikungan minimal 10.

Sistem drainase juga harus diperhatikan karena untuk mengantisipasi hujan ketika balapan sedang berlangsung. Untuk jalur lurus harus memiliki panjang minimal 250 meter, dan garis start harus berjarak 200 meter sebelum tikungan di bagian pertama. Sementara untuk sirkuit tingkat A, minimal trek lurus adalah 400 meter dengan garis start harus kurang dari 250 meter sebelum tikungan pertama.

Jika dilihat dari minimal spesifikasi sirkuit untuk bisa mengadakan ajang balapan besar, sepertinya Sirkuit Ancol masih harus berbenah lagi karena berdasarkan spesifikasi, panjang lintasan hanya 2,4 kilometer. Namun, beberapa poin seperti jumlah tikungan dan juga lebar sudah mencapai nilai minimal yakni memiliki lebar 16 meter, 18 tikungan dan juga jalur lurus sepanjang 600 meter. Namun, untuk masalah drainase belum bisa dilihat karena belum melalui tahap uji layak. (Latief)

Baca juga :  RT Hingga Gubernur Diminta Klarifikasi Soal Pernikahan Anak Habib Rizieq
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Rapor Merah DKI Jakarta untuk Masalah Sosial

TELENEWS.ID - Pemindahan Ibukota Republik Indonesia ke Kalimantan sudah disahkan oleh Presiden Joko Widodo dan hanya tinggal menunggu beberapa tahun lagi. Itu...

Tidak Mau Kalah dengan Singapura, Indonesia Luncurkan Kendaraan Listrik Tanpa Pengemudi

TELENEWS.ID – Singapura sudah banyak menggunakan robot untuk membantu masyarakat menjalankan kegiatan sehari-hari. Bahkan Singapura juga sudah menggunakan robot sebagai pengganti polisi...

Sisi Gelap Petinggi dan Model Victoria’s Secret

TELENEWS.ID – Victoria’s Secret adalah sebuah perusahaan yang menjual berbagai kebutuhan wanita yang berasal dari Amerika Serikat yang berdiri sejak 12 Juni...

Anggaran ITF Membengkak, Kok Bisa?

TELENEWS.ID - Pembangunan Intermediate Treaty Facility atau ITF. ITF sendiri adalah tempat pengolahan sampah sementara sebelum sampah dikirim ke Tempat Pembuangan Akhir...