Home Daerah Jawa Diduga Proses Lelang Tidak Transparan, Alaska Minta KPK Periksa Proyek...

Diduga Proses Lelang Tidak Transparan, Alaska Minta KPK Periksa Proyek Pembangunan Kantor Imigrasi Kota Bekasi

Ilutrasi gedung Kantot Imigrasi Kota Bekasi (ist)


TELENEWS.id, BEKASI– Paket pekerjaan pembangunan kantor Imigrasi kota Bekasi dilaksanakan melalui Lelang umum dengan metode pascakualifikasi satu file menggunakan sistem gugur. Dan HPS (harga prakiraan sementara) paket pengadaan sebesar Rp.31.7 Millar. 

Kemudian dalam lelang proyek kantor Imigrasi ini, pihak Pokja 1A-pengadaan pekerjaan kontruksi ULP Kota Bekasi ternyata berani memenangkan PT. MIP dengan menawarkan harga sebesar Rp.31.1 miliar. 
Padahal nilai penawaran yang ditawarkan PT.MIP sebesar Rp.31.1 miliar terlalu mahal dan tinggi. Karena masih ada perusahaan seperti PT.SMW hanya menawarkan harga penawaran sebesar Rp.20.3 miliar.


Adri Zulpianto Koordinator. Alaska (Aliansi Lembaga Analisis Kebijakan dan Anggaran ) mengatakan, atas kasus tersebut,  Alaska meminta Kejaksaan Negeri (Kejari) kota Bekasi, Kejati Jawa Barat, serta KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) untuk segera melakukan penyidikan atas kasus pembangunan kantor Imigrasi kota Bekasi.


Selain itu, Alaska melihat bahwa PT. MIP sebagai pemenang lelang tidak memenuhi persyaratan dalam dokumen pengadaan seperti surat dukungan Ready Mix KSO dengan Batching plant tidak disertai Bukti sertifikasi ISO 14001 : 2004. 


“Dan personil yang ditawarkan PT. MIP dalam dokumen penawaran lelang tidak seluruhnya pegawai PT.MIP atau memiliki perjanjian kerja dengan PT.MIP untuk mengerjakan pembangunan kantor Imigrasi,” kata Adri di Bekasi,  Selasa (28/7/2020).


Kemudian, dalam pembangunan kantor Imigrasi kota Bekasi ini ada potensi kelebihan atau dugaan mark up atas pembayaran sebesar Rp1.9 miliar atas 11 pekerjaan yang harus disidik oleh kejaksaan, atau penyidik KPK. (Peter). 

Baca juga :  Kadis Bina Marga DKI Optimis Pekerjaan Penertiban Kabel Utilitas di Jakarta Selesai Sesuai Target
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Waspada! Ada Aplikasi dan Web Ilegal MyPertamina, Jangan Asal Akses

TELENEWS.ID - Masyarakat perlu berhati-hati terhadap akses situs dan aplikasi MyPertamina yang dianggap ilegal. Sudah beredar situs dan aplikasi...

Hasil Kunjungan Jokowi ke Ukraina, Pembahasan Soal Perdamaian dan Kondisi Ukraina Saat Ini

TELENEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Istana Negara Ukraina, Maryinsky, Kyiv pada Rabu (29/06/2022)...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 29 Juni 2022

TELENEWS.ID – Hari kedua babak 32 besar dalam turnamen Petronas Malaysia Open 2022 pada Rabu (29/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, menghasilkan...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 28 Juni 2022

TELENEWS.ID – Turnamen tertinggi versi BWF, Petronas Malaysia Open 2022 telah digelar pada Selasa (28/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia. Sayangnya,...