Home Daerah Jawa Diduga Proses Lelang Tidak Transparan, Alaska Minta KPK Periksa Proyek...

Diduga Proses Lelang Tidak Transparan, Alaska Minta KPK Periksa Proyek Pembangunan Kantor Imigrasi Kota Bekasi

Ilutrasi gedung Kantot Imigrasi Kota Bekasi (ist)


TELENEWS.id, BEKASI– Paket pekerjaan pembangunan kantor Imigrasi kota Bekasi dilaksanakan melalui Lelang umum dengan metode pascakualifikasi satu file menggunakan sistem gugur. Dan HPS (harga prakiraan sementara) paket pengadaan sebesar Rp.31.7 Millar. 

Kemudian dalam lelang proyek kantor Imigrasi ini, pihak Pokja 1A-pengadaan pekerjaan kontruksi ULP Kota Bekasi ternyata berani memenangkan PT. MIP dengan menawarkan harga sebesar Rp.31.1 miliar. 
Padahal nilai penawaran yang ditawarkan PT.MIP sebesar Rp.31.1 miliar terlalu mahal dan tinggi. Karena masih ada perusahaan seperti PT.SMW hanya menawarkan harga penawaran sebesar Rp.20.3 miliar.


Adri Zulpianto Koordinator. Alaska (Aliansi Lembaga Analisis Kebijakan dan Anggaran ) mengatakan, atas kasus tersebut,  Alaska meminta Kejaksaan Negeri (Kejari) kota Bekasi, Kejati Jawa Barat, serta KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) untuk segera melakukan penyidikan atas kasus pembangunan kantor Imigrasi kota Bekasi.


Selain itu, Alaska melihat bahwa PT. MIP sebagai pemenang lelang tidak memenuhi persyaratan dalam dokumen pengadaan seperti surat dukungan Ready Mix KSO dengan Batching plant tidak disertai Bukti sertifikasi ISO 14001 : 2004. 


“Dan personil yang ditawarkan PT. MIP dalam dokumen penawaran lelang tidak seluruhnya pegawai PT.MIP atau memiliki perjanjian kerja dengan PT.MIP untuk mengerjakan pembangunan kantor Imigrasi,” kata Adri di Bekasi,  Selasa (28/7/2020).


Kemudian, dalam pembangunan kantor Imigrasi kota Bekasi ini ada potensi kelebihan atau dugaan mark up atas pembayaran sebesar Rp1.9 miliar atas 11 pekerjaan yang harus disidik oleh kejaksaan, atau penyidik KPK. (Peter). 

Baca juga :  Dukung Ketahanan Air Nasional, KemenPUPR Targetkan Pembangunan 500 ribu Hektar Irigasi
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Permohonan Gubernur Anies Baswedan untuk bertemu dengan Bapak Presiden Ir. Joko Widodo

TELENEWS.ID - Saya, Prof. Otto Cornelis Kaligis, Warga Binaan Lapas kelas satu Sukamiskin Bandung, dalam kedudukan saya sebagai praktisi dan ahli hukum,...

Inikah 5 Alasan Nekat Pria Berselingkuh Meski Sudah Punya Pasangan Sempurna?

TELENEWS.ID - Beberapa waktu lalu jagat media sosial dikejutkan dengan kabar YouTuber dan influencer Nessie Judge yang mengakhiri hubungan dengan kekasihnya, Bram...

Pemerintah Hormati Putusan MK Terkait UU Cipta Kerja

TELENEWS.ID - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pemerintah menghormati dan segera melaksanakan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 91/PUU-XVIII/2020 terkait Undang-Undang (UU) Nomor...

Anies Tunjuk Sekjen IMI Sebagai Ketua Pelaksana Formula E, Ada Apa?

TELENEWS.ID - Ajang Formula E yang sedianya akan dilaksanakan pada bulan Juni tahun 2022 nanti tinggal menunggu waktu. Namun, hingga saat ini...