Home Nasional Hukum Lakukan Pengadaan Tanpa Lelang, KPK Pastikan Tetap Awasi LKPP dan BPKB

Lakukan Pengadaan Tanpa Lelang, KPK Pastikan Tetap Awasi LKPP dan BPKB

TELENEWS. id, JAKARTA-Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)  Firli Bahuri mengatakan pihaknya akan tetap berkoordinasi dan monitoring dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP)  dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKB). 


Firli menyampaikan Koordinasi yang dimaksud adalah berkaitan dengan pengadaan barang atau jasa dalam kondisi darurat di tengah pandemik Covid-19 .


“Kita berkomunikasi dengan LKPP, karena LKPP dan BPKP RI yang diberi mandat untuk melakukan pengawasan dan pendampingan atas pengadaan barang jasa terkait percepatan penanganan, Covid -19 ,” kata Firli kepada wartawan Senin (23/3/2020) kemarin. 


Dia menjelaskan bahwa KPK berkomunikasi dengan LKPP,  karena LKPP dan BPKP RI diberi mandat untuk melakukan pengawasan  dan pendampingan atas pengadaan barang jasa terkait percepatan penangan Covid-19 .

 Menurutnya,  berdasarkan Inpres 4/2020 telah bahwa yang melakukan pengawasan dan pendampingan pengadaan barang dan jasa adalah BPKP.  Serta LKPP juga dierintahkan untuk melakukan pendampingan, ” Maka posisi KPK hanya melakukan koordinasi dan monitoring dengan pihak LKPP dan BPKP untuk mencegah terjadinya korupsi, ” ujarnya. 


Dia menambahkan,  KPK masih terus berkomunikasi dengan LKPP agar pengadaan barang dan jasa percepatan Covid-19 dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya tindakan rasuah. ” Saat ini KPK terus berkomunikasi dengan LKPP agar semua berjalan lancar,  mari kita berdoa agar wabah Covid-19 bau sa tetangani dengan cepat dan jiwa saudara-saudara kita setanah air bisa diselamatkan, ” pesanya. 


Dia menyebutkan,  hukum tertinggi adalau menegak hormati hak Asasi Manusia ( HAM). penyelamatan jiwa manusia adalah prirotas pertama  dan yang paling utama.

Diketahui sebelumnya, Firli juga telah menyampaikan bahwa dalam kondisi darurat, pemerintah daerah dapat melakukan penunjukan langsung untuk melakukan pengadaan barang atau jasa tanpa melakukan lelang. Hal itu bertujuan untuk mempercepat penanganan Covid-19.

Baca juga :  Terbukti! Juliari Batubara Beri DPC PDIP Kendal SGD 50 Ribu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Belajar Dari Marshanda, Lakukan 5 Hal Ini untuk Membantu Teman yang Mengalami Masalah Kesehatan Mental

TELENEWS.ID - Artis Marshanda dikabarkan menghilang saat sedang berada di Los Angeles, Amerika Serikat. Hal ini diketahui saat salah satu teman Caca,...

Arumi Bachsin Dituding Menolak Bersalaman, Ternyata Ada Risiko Kesehatan Dibalik Kebiasaan Berjabat Tangan

TELENEWS.ID - Artis sekaligus istri wakil gubernur Jawa Timur, Arumi Bachsin menjadi sorotan warga net. Pasalnya beredar video yang menunjukkan bahwa istri...

Hati-hati, Inilah Minuman yang Meningkatkan Risiko Kanker Prostat pada Pria!

TELENEWS.ID - Salah satu gangguan kesehatan yang paling ditakuti oleh pria adalah kanker prostat. Dikenal sebagai silent killer atau pembunuh diam-diam, kanker...

Kompetisi Sepak Bola Dalam Negeri Malah Meredam Prestasi di Kancah Internasional

TELENEWS.ID – Sepak Bola merupakan salah satu olahraga peringkat pertama yang menjadi favorit bagi masyarakat dunia termasuk Indonesia. Pesta sepak bola di...