Home Internasional Presiden Filipina Ancam Warga Yang Tolak Vaksin Covid-19

Presiden Filipina Ancam Warga Yang Tolak Vaksin Covid-19

TELENEWS.ID – Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, mengancam semua warganya yang menolak divaksin Covid-19 dengan hukuman penjara.

Dikutip dari Aljazeera pada Selasa (22/6/2021), Duterte memberi pilihan vaksin atau penjara kepada warga Filipina.

Filipina memulai program vaksinasi pada bulan Maret, namun ada laporan dari beberapa pusat vaksinasi tentang rendahnya minat warga terkait program itu.

Sedangkan sumber berita lain mengabarkan bahwa ada orang-orang yang berebut mendapat vaksin Pfizer BioNtech padahal jumlahnya terbatas.

Duterte pun mengaku jengkel dengan warga Filipina yang tidak ingin menjalani program vaksinasi, sampai-sampai dia menyebut mereka yang melakukan penolakan sebagai orang-orang bodoh serta mengancam akan menyuntikan mereka dengan ‘vaksin untuk babi’.

Sebelumnya, presiden Filipina itu sempat mengancam warga yang melanggar aturan lockdown selama pandemi dengan hukuman tembak mati. Sejak itu pula muncul beberapa kasus pembunuhan oleh pihak berwenang terhadap para terduga pelanggar aturan. Dan itu termasuk seorang mantan tentara yang mengalami stres pasca-trauma serta seorang pria tua.

Sedangkan menurut data yang disampaikan Herd Immunity PH, dari penduduk Filipina yang berjumlah 110 juta orang, baru 1,95% yang menjalani program vaksinasi secara penuh pada hari Senin (21/6/2021).

Kemudian ada laporan terpisah dari pemerintah Filipina pada Senin malam bahwa 8,4 juta dosis vaksin telah diberikan dan setidaknya ada 6,2 juta orang telah mendapat vaksin dosis pertama, sementara itu ada 2,15 juta orang yang telah divaksin dengan dosis lengkap.

Hingga hari Senin, pemerintah Filipina melaporkan total 1,2 juta kasus Covid-19 dengan 56.000 kasus aktif. Sedangkan terdapat 23.700 orang telah meninggal dunia.

Sekarang ini, komunitas medis Filipina berupaya meningkatkan program vaksin penuh kepada semua warga Filipina dengan cara membuka posko vaksinasi di berbagai ruang publik seperti mal, bioskop dan tempat ibadah. (Dhe)

Baca juga :  Inggris Sebagai Negara Ketiga Dengan Angka Kematian Tertinggi Akibat Covid-19
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Berkaca Pada Celine Evangelista, Begini Cara Menciptakan Hubungan yang Sehat dengan Ibu

TELENEWS.ID - Hubungan Celine Evangelita dengan ibundanya, Vicentia Nurul kembali memanas. Belum lama ini Vicentia membongkar aib Celine, terkait kandasnya rumah tangga...

Jakarta International Stadium: Mega Proyek yang Dilalui 5 Orang Gubernur DKI

TELENEWS.ID - Jakarta International Stadium atau JIS adalah salah satu mega proyek Indonesia yang menyimpan banyak makna. Tidak hanya sarat dengan capital...

Jangan Panik, Ini Tips untuk Mengatasi Anak-anak yang Tidak Suka Makan Sayur dan Buah

TELENEWS.ID - Anak-anak memang tidak begitu menyukai buah dan sayuran. Padahal kedua jenis makanan itu merupakan sumber serat yang baik bagi kesehatan...

Rachmat Gobel Diisukan Jadi Menteri Pertanian?

TELENEWS.ID - Nama Rachmat Gobel belakang santer diisukan akan menjadi jajaran kabinet Presiden Jokowi. Rumor tersebut adalah pertimbangan dari beberapa pengamat politik...