Home Gaya hidup Kesehatan Waspada, Kebiasaan Mengkonsumsi Zat Ini Bisa Merusak Ususmu

Waspada, Kebiasaan Mengkonsumsi Zat Ini Bisa Merusak Ususmu

TELENEWS.ID – Makan bukan hanya memasukkan makanan ke dalam mulut dan sekedar membuat perut terasa kenyang saja. Namun kita juga perlu memperhatikan manfaat dan kandungan nutrisi dalam makanan yang kita konsumsi. Ini karena jika kita sembrono dan sembarangan, kebiasaan kita makan justru akan berakibat buruk pada kesehatan kita sendiri.

Bahkan zat atau bahan makanan yang kita anggap sehat, jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan dan tanpa porsi yang tepat malah bisa memperburuk kondisi kesehatan kita. Salah satunya adalah mengkonsumsi pemanis buatan pengganti gula secara berlebihan.

Sebelumnya pemanis buatan digunakan sebagai pengganti gula yang dianggap sehat dan cocok bagi mereka yang sedang melakukan program penurunan berat badan, atau mereka yang menderita diabetes. Namun faktanya mengkonsumsi pemanis buatan pengganti gula secara berlebihan justru akan merugikan dirimu sendiri.

Namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa pemanis buatan seperti aspartam, sakarin, dan sucralose; dapat mengubah mikrobioma usus kita dengan cara yang dapat berdampak negatif pada kesehatan.

Lebih dari selusin penelitian pada hewan dan manusia dalam beberapa tahun terakhir telah melihat implikasi kesehatan dari mengkonsumsi pemanis buatan pengganti gula ini. Meskipun tidak menunjukkan penyebab dan efek yang pasti, banyak dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemanis buatan dapat membuat mikrobiota usus tidak seimbang, berperan dalam intoleransi glukosa, dan bahkan merusak lapisan usus yang menyebabkan sindrom usus bocor.

Salah satu penelitian terbaru yang diterbitkan pada tahun 2021 di International Journal of Molecular Sciences menunjukkan bahwa tiga pemanis buatan yang banyak digunakan dapat membuat dua jenis bakteri baik dalam usus, berubah menjadi berbahaya bagi dinding usus.

“Studi kami adalah yang pertama menunjukkan bahwa beberapa pemanis yang paling umum ditemukan dalam makanan dan minuman seperti sakarin, sukralosa, dan aspartam; dapat membuat bakteri usus ‘sehat’ menjadi patogen,” kata penulis senior di studi tersebut; Dr. Havovi Chichger, seorang ilmuwan biomedis di Universitas Anglia Ruskin di Inggris.

Baca juga :  Cara Menjaga Kesehatan Tulang Belakang Untuk Semua Usia

Penelitian tersebut juga menemukan bahwa pemanis buatan—dalam konsentrasi yang setara dengan dua kaleng soda diet, bisa menyebabkan dua jenis bakteri usus yang berbahaya yakni E. coli dan E. faecalis; menempel dan merusak sel-sel epitel yang melapisi dinding usus. E faecalis diketahui melintasi dinding usus dan memasuki aliran darah, di mana ia dapat menyebabkan infeksi pada kelenjar getah bening dan organ tubuh lain, begitu menurut Chichger.

“Kondisi perubahan patogen yang mencakup pembentukan biofilm yang lebih besar dan peningkatan adhesi, dapat menyebabkan bakteri usus yang baik, berbalik menyerang dan menyebabkan kerusakan pada usus kita, sehingga dapat dikaitkan dengan infeksi, sepsis, dan kegagalan multi-organ,” kata Chichger.

Mereka juga menemukan pemanis memiliki efek pada pembentukan biofilm, atau kelompok bakteri yang lebih cenderung mengeluarkan racun dan kurang sensitif terhadap pengobatan resistensi antimikroba sehingga berpotensi meningkatkan risiko penyakit.

Baca juga :  Tingkatkan Imun Tubuh di Musim Hujan dengan Konsumsi Susu Fermentasi

Selai itu, Chichger juga mengingatkan bahwa pemanis buatan sama bahayanya dengan gula jika dikonsumsi berlebihan yakni bisa memicu obesitas dan diabetes.

“Kita tahu bahwa konsumsi gula yang berlebihan merupakan faktor utama dalam perkembangan kondisi gangguan kesehatan seperti obesitas dan diabetes. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk meningkatkan pengetahuan kita tentang pemanis versus gula dalam makanan untuk lebih memahami dampaknya terhadap kesehatan kita” begitu saran Chichger. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Bukan Beras Merah, Inilah Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Perut yang Langsing

TELENEWS.ID - Selama ini nasi merah dianggap sebagai sumber karbohidrat terbaik pengganti nasi atau beras putih. Memiliki indeks glikemik lebih rendah dari...

5 Resep Kulit Sehat dan Awet Muda ala Cameron Diaz yang Wajib Dicoba Semua Wanita!

TELENEWS.ID - Sebentar lagi usia bintang Hollywood, Cameron Diaz akan genap 50 tahun. Namun ibu satu anak ini masih tampak tetap cantik...

Dialami Almarhum Tjahjo Kumolo, Ini 5 Tanda Kelelahan yang Tak Boleh Diabaikan

TELENEWS.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, (01/07/2022) pada pukul 11.10 WIB....

Tips Menyimpan Bawang Merah Segar dan Tahan Lama Saat Harganya Mulai Melonjak Naik

TELENEWS.ID - Harga bawang merah dilaporkan perlahan naik. Bahkan di beberapa daerah di tanah air, harga bawang merah dikabarkan menembus angka 95...