Home Teknologi Internet Ini Cara Hapus Diri Dari Internet

Ini Cara Hapus Diri Dari Internet

TELENEWS.ID – Di era pesatnya informasi digital saat ini, hampir seluruh data pribadi kita beredar di internet. Hal tersebut pun rawan dimanfaatkan oknum nakal untuk melakukan penipuan, pemalsuan hingga pembobolan akun personal. Kabar baiknya, rupanya kini ada sejumlah cara untuk menghapus diri dari internet, meski tidak secara 100%. Seperti apakah langkah-langkahnya?

  1. Menghapus Akun Online Dan Email Tak Terpakai

Selama bertahun-tahun menggunakan internet, mungkin kita tidak menyadari sudah terlalu banyak mendaftarkan diri pada sebuah situs online. Bisa jadi sebagian besar situs yang sering kita kunjungi memiliki akun yang telah terdaftar. Anda bisa mulai mendeaktivasi akun-akun yang sudah tak terpakai tersebut. Jika bingung, anda bisa mulai dari mengingat-ingat apakah Email utama, Facebook atau Instagram anda memiliki akun ganda.

  1. Menggunakan VPN Untuk ‘Berselancar’

Perlu diingat bahwa ‘lenyap’ dari internet berarti juga melepaskan segala kemudahan seperti perbankan online, belanja online dan berbagi foto di media sosial. Kalau anda masih belum rela melepas semua hal tersebut, anda bisa mulai menggunakan Virtual Private Network (VPN) dalam menjelajahi dunia maya.

Penggunaan VPN sebelum berselancar di internet akan membuat koneksi anda terenkripsi sehingga sulit untuk diretas. Dalam dunia bisnis, VPN kerap digunakan bagi karyawan yang bekerja secara remote (jarak jauh) dengan jaringan perusahaan sehingga mereka dapat bekerja dengan aman. VPN juga diketahui bisa membuka situs-situs yang sebelumnya tidak bisa diakses dengan metode konvensional. Jadi tetap berhati-hati ya!

  1. Membersihkan Riwayat Peramban

Metode ini cukup mudah meski prosesnya mungkin harus disesuaikan dengan browser atau peramban yang anda gunakan. Untuk menghapus riwayat penjelajahan (history) serta cache, anda dapat masuk ke bagian riwayat browser anda dan akan selalu ada opsi untuk menghapusnya secara keseluruhan. Namun untuk metode pembayaran dan alamat tersimpan, anda mungkin harus menghapusnya satu persatu dari pengaturan (setting) browser yang anda gunakan.

  1. Menggunakan Aplikasi Deseat.me
    Dirancang oleh dua pengembang asal Swedia, Deseat.me adalah aplikasi yang bisa menghapus seluruh eksistensi seseorang dari internet. Informasi pribadi penggunanya bisa langsung lenyap begitu saja ketika tombol ‘hapus’ / delete ditekan.
Baca juga :  5G Mulai Digalakkan, Apa Manfaatnya Bagi Kehidupan ?

Deseat.me akan melakukan penghapusan melalui akun Google yang paling sering dipakai dan terintegrasi di sosial media. Dari sana, situs akan memeriksa seluruh jaringan media sosial yang terkait eksistensi si pengguna dalam ranah maya yang terhubung dengan akun Google tersebut. Hebatnya lagi, Deseat.me akan tetap menyisakan password utama akun Google pengguna, sehingga pengguna bisa kapan saja kembali lagi ke internet tanpa harus benar-benar memulai dari awal. (Billy Bagus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Inilah 5 Trik Mudah untuk Bebas Stress Menjelang Perayaan Natal

TELENEWS.ID - Tinggal hitungan hari lagi maka umat Kristiani akan bersuka cita merayakan Natal. Selayaknya hari besar lainnya, banyak persiapan yang harus...

Ladies, Kenali 6 Tanda Cowok Parasit yang Perlu Diwaspadai

TELENEWS.ID - Hubungan mantan pasangan Laura Anna dan Gaga Muhammad kembali memanas. Laura yang merasa dirugikan baik secara fisik maupun finansial, akhirnya...

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID - Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya,...

Hati-hati, Dokter Peringatkan Bahaya Memakai Celana Jeans Ketat Bagi Organ Intim Wanita

TELENEWS.ID - Praktis, stylish dan bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja membuat celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit kaum...