Home Gaya hidup Meskipun Sepele, 6 Kebiasan Ini Bisa Merusak Keindahan Rambut Kamu

Meskipun Sepele, 6 Kebiasan Ini Bisa Merusak Keindahan Rambut Kamu

TELENEWS.ID- Rambut adalah mahkota wanita, tentu kita sering mendengar kata-kata ini bukan? Setiap wanita pasti memimpikan untuk punya rambut yang sehat, lebat, tebal dan berkilau. Bahkan tak jarang kaum Hawa rela merogoh kocek dalam-dalam untuk m.erawat keindahan rambut mereka.

Untuk mendapatkan rambut yang indah memang perlu tenaga ekstra dan bahkan biaya yang tidak sedikit. Sacha Mascolo-Tarbuck, direktur kreatif global untuk merk perawatan rambut ternama TONI&GUY mengatakan bahwa wanita rela merogoh kocek dalam-dalam untuk perawatan rambutnya.

“Gaya dan warna rambut adalah dua hal penting bagi seorang wanita” ujar Sacha. “Jika dua hal ini terlihat bagus pada wanita, itu artinya mereka menghabiskan banyak uang disana” imbuhnya lagi.

Beda dengan kaum pria, wanita tak cukup hanya menggunakan shampoo untuk merawat keindahan rambutnya. Namun sayangnya mereka uang yang mereka keluarkan ini kadang masih belum cukup untuk merawat keindahan dan kesehatan rambut.

Ini karena tanpa disadari kaum wanita melakukan beberapa kebiasan buruk yang bisa merusak keindahan rambut. Apa saja itu?

  1. Terlalu sering mengikat rambut
    Praktis dan tidak menganggu aktivitas, jadi alasan wanita sering mengikat rambut mereka. Namun rupanya jika terlalu sering diikat, rambut jadi mudah rusak.

Ini karena jika sering mengikat rambut, apalagi jika terlalu kencang, maka akan membuat kulit kepala menjadi tegang. Kondisi ini memicu terjadinya traction alopecia, atau kondisi krontokan rambut akibat masalah pada kulit kepala. Sebaiknya kurangilah kebiasan mengikat rambut apalagi hingga terlalu kencang.

  1. Keseringan menggunakan ikat rambut berbahan karet
    Ikat rambut berbahan karet harganya memang lebih murah dan gampang dibawa kemana saja. Namun sebaiknya hindari menggunakan ikat rambut berbahan karet terlalu sering. Bahan karet selain bisa merusak folikel pada rambut, dapat menciptakan kerusakan pada permukaan rambut yang bisa membuat rambut menjadi kering dan pecah.
  2. Menggunakan blow dry saat rambut masih basah
    Blow dry menjadi senjata favorit wanita untuk mengeringkan rambut dengan cepat. Akan tetapi, berhati-hatilah menggunakan blow dry apalagi saat rambut sedang basah.
Baca juga :  Kucing Sering Kabur dari Rumah? Ini Penyebabnya

Mengeringkan rambut basah dengan blow dry bisa menyebabkan kerusakan, dan membuat kelembaban alami rambut menjadi hilang. Hal ini bisa menyebabkan rambut menjadi pecah dan kusam.

  1. Tidak pernah mencuci sisir atau sikat rambut
    Salah satu hal yang sering dilupakan kaum Hawa adalah memelihara kebersihan sisir atau sikat rambut mereka. Padahal sisir atau sikat rambut yang paling sering bersentuhan dengan kulit kepala, minyak dan kotoran yang mungkin ada di rambut. Jika dibiarkan terus menerus, maka akan meninggalkan kerak kotoran yang akan kembali ke rambut bersih saat menyisir atau menyikat rambut.
  2. Terlalu sering keramas
    Keramas atau mencuci rambut jadi hal wajib untuk dilakukan untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut. Akan tetapi terlalu sering mencuci rambut, sama buruknya dengan tidak pernah keramas sama sekali.

Ini karena kandungan bahan kimia di dalam shampoo bisa menjadi penyebab utama kerusakan rambut, apalagi jika digunakan terlalu sering. Kondisi ini bisa semakin parah jika kamu menggunakan shampoo yang tidak sesuai dengan rambut atau kulit kepalamu.

  1. Mengikat rambut yang sedang basah atau lembab
    Adakalanya karena sedang terburu-buru, banyak wanita yang langsung mengikat rambut mereka saat sedang basah atau lembab. Namun sayangnya kebiasan ini akan bisa merusak kesehatan rambut.
Baca juga :  Korean Hairstyle Di Prediksi Masih Menjadi Tren Di Tahun 2021

Rambut bisa jadi rapuh dan bercabang ketika diikat dalam kondisi basah atau lembab. Karena itu sebaiknya tunggulah hingga rambut benar-benar kering, kemudian kamu baru bisa mengikat atau menatanya.

Untuk mendapatkan rambut yang indah dan menawan, tentu saja tak cukup hanya dengan perawatan yang mahal. Kamu juga harus tahu hal-hal apa saja yang bisa merusak keindahan rambut kamu. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

New York Rasa Lokal Ada di Broadway Alam Sutera

TELENEWS.ID- Bicara rencana liburan untuk akhir pekan, sepertinya seru untuk dibahas. Bukan tanpa sebab, saat ini pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) telah...

Berniat Menghibur, Tapi 5 Hal Ini Tak Boleh Dilakukan pada Wanita yang Suaminya Meninggal Dunia

TELENEWS.ID - Betapa hancur hati Nadzira Shafa istri dari almarhum Ameer Azzikra, adik selebgram Alvin Faiz yang tak lain juga putra kedua...

Permohonan Gubernur Anies Baswedan untuk bertemu dengan Bapak Presiden Ir. Joko Widodo

TELENEWS.ID - Saya, Prof. Otto Cornelis Kaligis, Warga Binaan Lapas kelas satu Sukamiskin Bandung, dalam kedudukan saya sebagai praktisi dan ahli hukum,...

Inikah 5 Alasan Nekat Pria Berselingkuh Meski Sudah Punya Pasangan Sempurna?

TELENEWS.ID - Beberapa waktu lalu jagat media sosial dikejutkan dengan kabar YouTuber dan influencer Nessie Judge yang mengakhiri hubungan dengan kekasihnya, Bram...