Home Nasional Sambangi Stasiun Pasar Senen, Menhub Budi Karya Sumadi Imbau Pemudik Datang Sesuai...

Sambangi Stasiun Pasar Senen, Menhub Budi Karya Sumadi Imbau Pemudik Datang Sesuai Jadwal untuk Antisipasi Penumpukan

TELENEWS.ID – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengunjungi Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat pada Rabu (27/4/2022). Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau arus mudik jelang Hari Raya Idul Fitri 2022.

Dalam kunjungan tersebut, Budi Karya didampingi Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto. Selain itu, Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo juga tampak mendampingi ketika kunjungan berlangsung.

Saat tinjauan, Budi Karya menyampaikan, penggunaan tiketing secara online sudah berjalan dengan baik. Artinya, bagi para pemudik yang mempunyai jadwal perjalanan malam hari tidak harus mencetak tiket pada pagi maupun siang hari.

“Jadi saya berterima kasih kepada PT KAI yang sudah menjalankan dengan baik tadi penggunaan ticketing online sudah baik jadi orang malem mau siang tidak bisa,” kata Budi Karya di lokasi.

Budi mengatakan, salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya penumpukan di Stasiun Pasarsenen. Hal tersebut terjadi lantaran banyak pemudik yang sejak pagi sudah berada di lokasi. Padahal, kereta yang mereka tumpangi baru berangkat pada malam hari.

“Ini stasiun penuh karena yang malam sudah datang penumpangnya,” katanya.

Untuk mengantisipasi penumpukan jumlah penumpang, Budi mengimbau kepada pemudik untuk datang ke stasiun sesuai waktu — atau setidaknya mendekati jadwal keberangkatan.

“Maka para pengguna mudik kereta api lakukanlah perjalanan itu sesuai dengan waktu,” ucapnya.

Sementara itu, jumlah pemudik yang menggunakan transportasi kereta api di Stasiun Pasar Senen pada hari ini meningkat. Total ada 17.400 pemudik meninggalkan Ibu Kota menuju sejumlah daerah di Pulau Jawa.

Kahumas PT KAI Daop 1 Eva Chairunisa menyampaikan, total ada 28 kereta api yang beroperasi di Stasiun Pasar Senen. Jumlah 17.400 penumpang hari ini setara dengan 85 persen dari kapasitas penumpang yang berjumlah 20.500.

Baca juga :  Jerat Hutang KPK (Bag2): Pencarian Pasutri Buronan KPK dan Interpol

“Untuk Stasiun Pasar Senen terdapat 28 KA yang beroperasi dengan volume penumpang berangkat sebanyak 17.400 atau 85 persen dari kapasitas 20.500,” kata Eva dalam siaran persnya hari ini.

Sementara itu, di Stasiun Gambir juga mengalami jumlah kenaikan jumlah penumpang jika dibandingkan dengan hari kemarin. Total ada 13.800 penumpang berangkat dari Stasiun Gambir menuju sejumlah daerah.

“Di Stasiun Gambir terdapat 33 KA yang beroperasi dengan volume penumpang berangkat sebanyak 13.800 atau 95 persen dari kapasitas 14.500.”

Kemarin, Selasa (26/4/2022), sebanyak 16.600 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen. Tidak hanya itu, sebanyak 28 kereta yang melayani perjalanan bagi para pemudik menuju sejumlah daerah.

Baca juga :  Perang Pandan; Tradisi 'Duel Jantan' Untuk Hormati Dewa Indra

Kemudian Stasiun Gambir, sebanyak 11.400 penumpang berangkat dari Stasiun Gambir menuju sejumlah daerah di Pulau Jawa. Tidak hanya itu, sebanyak 32 rangkaian kereta api — 8 di antaranya — beroperasi dari stasiun tersebut. (Nanang Middin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

6 Manfaat Batubara Selain Dikenal Barang Tambang Ekspor

TELENEWS.ID - Manfaat batubara tidak hanya sebagai barang ekspor dengan nilai investasi tinggi. Pada dasarnya batubara mampu dijadikan akses bahan bakar pembangkit...

Belajar dari Citra Kirana, Ini Tips Menerima Masa Lalu Pasangan dengan Lapang Dada

TELENEWS.ID - Keputusan Citra Kirana untuk secara terbuka menerima masa lalu sang suami, Rezky Aditya membuat banyak orang salut padanya. Bagaimana tidak...

Waspada, Kebiasaan Mengkonsumsi Zat Ini Bisa Merusak Ususmu

TELENEWS.ID - Makan bukan hanya memasukkan makanan ke dalam mulut dan sekedar membuat perut terasa kenyang saja. Namun kita juga perlu memperhatikan...

Ternyata Bukan Raffi Ahmad yang Akuisisi Saham US Lecce

TELENEWS.ID – Sejak 27 Mei kemarin pemberitaan di Indonesia heboh dengan kabar bahwa Raffi Ahmad membeli saham club sepak bola asal Italia,...