Home Metropolitan Temui Jokowi di Istana, Para Seniman Dan Budayawan Minta Pertunjukan Bisa Berjalan...

Temui Jokowi di Istana, Para Seniman Dan Budayawan Minta Pertunjukan Bisa Berjalan Di Tengah Pandemi

TELENEWS.ID – Presiden Joko Widodo menerima kunjungan para seniman dan budayawan di Istana Negara, Jakarta. Mereka menyampaikan harapannya kepada Jokowi soal pelaksanaan kegiatan pertunjukan seni budaya di Tanah Air selama masa pandemi. Kamis, (10/02/2022).

Seniman Butet Kartaredjasa mengatakan, Jokowi telah mempersilakan pelaksanaan pertunjukan seni budaya dengan 50 persen penonton dari kapasitas gedung. Jokowi pun berharap jumlah kapasitas tersebut dapat terus bertambah apabila keadaan mulai membaik.

“Pertunjukan di dalam gedung itu bisa sampai dengan 50 persen kapasitas gedung itu dipersilakan. Mulai Maret ini mungkin akan bertambah. Jadi bisa 70 atau 80 persen sedang diolah oleh pemerintah kepastiannya nanti bulan Maret akan diumumkan sehingga orang yang menikmati seni pertunjukan di gedung bisa lebih banyak,” kata Butet dalam keterangannya setelah bertemu dengan Jokowi.

Butet menuturkan, dalam pertemuan tersebut, Jokowi juga mendorong agar kegiatan seni budaya tetap harus berlangsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

“Harus tetap jalan meskipun setiap daerah punya otonominya sendiri untuk mengatur, asalkan semua nanti terjadi dengan standar protokol kesehatan yang disepakati dan diatur oleh pemerintah,” katanya.

Selanjutnya, Butet menyebut Jokowi telah menginstruksikan jajarannya untuk mendorong perusahaan BUMN, swasta, dan industri untuk mendukung pelaksanaan pertunjukan seni dan budaya dalam hal pembiayaannya.

“Presiden juga mendorong BUMN, perusahaan swasta, industri, untuk memberikan support pada kegiatan seni budaya, karena kegiatan seni budaya itu akar dari pembangunan kualitas manusia di negeri ini,” lanjut Butet.

Sementara itu, Renitasari Adrian yang hadir mewakili pihak swasta mengatakan bahwa Jokowi mendukung agar pertunjukan seni budaya dapat segera dilakukan di tempat-tempat yang menjadi prioritas wisata di Tanah Air. Renita berharap seni pertunjukan Indonesia bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Baca juga :  Pembangunan ITF Mandek 3 Tahun, Jakpro Mencari Investor

“Diharapkan di bulan Juni ke depan itu bisa melakukan pertunjukan-pertunjukan di tempat-tempat yang menjadi lokasi prioritas wisata di Indonesia yaitu Labuan Bajo dan juga Danau Toba,” tutur Renita.

Senada dengan Renita, seniman Ratna Riantiarno berharap supaya pertunjukan seni budaya dapat segera dilakukan di Tanah Air. Ratna menyebut pandemi bukan suatu hal yang dapat menghalangi para seniman di Tanah Air untuk berkarya.

“Kita sekarang sudah siap mau tampil dengan segala kondisi. Karena kita yakin pandemi ini harus dikalahkan dengan bagaimana kita disiplin pada prokes tapi kita juga tampil untuk pertunjukan. Kira-kira seperti itu di seluruh Indonesia,” ucapnya.(Nanang Middin)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

6 Manfaat Batubara Selain Dikenal Barang Tambang Ekspor

TELENEWS.ID - Manfaat batubara tidak hanya sebagai barang ekspor dengan nilai investasi tinggi. Pada dasarnya batubara mampu dijadikan akses bahan bakar pembangkit...

Belajar dari Citra Kirana, Ini Tips Menerima Masa Lalu Pasangan dengan Lapang Dada

TELENEWS.ID - Keputusan Citra Kirana untuk secara terbuka menerima masa lalu sang suami, Rezky Aditya membuat banyak orang salut padanya. Bagaimana tidak...

Waspada, Kebiasaan Mengkonsumsi Zat Ini Bisa Merusak Ususmu

TELENEWS.ID - Makan bukan hanya memasukkan makanan ke dalam mulut dan sekedar membuat perut terasa kenyang saja. Namun kita juga perlu memperhatikan...

Ternyata Bukan Raffi Ahmad yang Akuisisi Saham US Lecce

TELENEWS.ID – Sejak 27 Mei kemarin pemberitaan di Indonesia heboh dengan kabar bahwa Raffi Ahmad membeli saham club sepak bola asal Italia,...