Home Daerah Viral Monyet Masuk Kampus, Ini Respon IPB

Viral Monyet Masuk Kampus, Ini Respon IPB

TELENEWS.ID – Segerombolan monyet liar memasuki kawasan Kampus IPB University yang terletak di Desa Babakan, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor. Aksi kawanan monyet tersebut disinyalir karena habisnya stok makanan yang biasa mereka dapatkan di sekitar kampus.

Seorang petugas keamanan kampus IPB yang bernama Cipto merekam kejadian tersebut hari Senin lalu (17-05-2021). Kawanan monyet tersebut memasuki area gedung Departemen Biologi IPB University. Mereka pun lalu berkeliaran.

“Segerombolan monyet memasuki area kampus sekitar jam dua siang. Kawanan tersebut masuk dari area danau yang ada di belakang kampus,” ujar si petugas keamanan.

Cipto menuturkan bahwa monyet yang masuk area kampus IPB tersebut jumlahnya belasan ekor dengan berbagai macam ukuran. Memang hampir sepekan terakhir, monyet jenis induk ataupun anakan sering mampir ke area kampus. Yang lebih menghebohkan adalah beberapa ekor monyet bahkan bisa masuk ke salah satu kelas yang ada di lantai atas hingga turun ke bawah.

Cipto menambahkan bahwa monyet-monyet tersebut biasanya masuk ke area kampus pada siang hingga sore hari. Tujuan mereka hanyalah ingin mencari makanan namun mereka tidak pernah mengganggu.

Cipto yang telah mengabdi selama empat tahun di salah satu Universitas ternama di negeri ini tersebut baru kali ini menyaksikan segerombolan monyet “main” ke kampus.

Cipto menjelaskan bahwa kawanan monyet tersebut berani untuk masuk ke area kampus mengingat selama dua tahun terakhir tidak ada aktivitas belajar mengajar yang terlihat di kampus.

Memang masih terdapat banyak area perkebunan dan hutan yang terlihat di sekitar Kampus IPB University ini. Itulah mengapa area tersebut menjadi rumah bagi beberapa jenis hewan, salah satunya adalah monyet.

Sementara itu Dr. Ir. Entang iskandar, M.Si selaku Sekretaris Pusat Studi Satwa Primata (PSSP) IPB University mengungkapkan bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan segerombolan monyet ekor panjang berwarna abu-abu tersebut masuk ke dalam area kampus.

Baca juga :  Banjir Bandang Cigudeg Diduga Karena Adanya Pertambangan Liar

Tidak adanya aktivitas di kampus menjadi salah satu faktor mengingat kegiatan perkuliahan saat ini masih menerapkan sistem daring. Selain itu, berkurangnya sumber makanan menjadi faktor lainnya. Tak ayal kawanan monyet tersebut mencari sumber makanan alami yang ada di pepohonan sekitar kampus IPB.

Oleh karena itu, baik di perumahan dosen atau di Kampus IPB disedikan beberapa kandang satwa yang diinisiasi oleh pihak kampus. Kandang tersebut dialokasikan di area yang menjadi daerah yang biasa mereka jelajahi. (Neidi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Inilah 5 Trik Mudah untuk Bebas Stress Menjelang Perayaan Natal

TELENEWS.ID - Tinggal hitungan hari lagi maka umat Kristiani akan bersuka cita merayakan Natal. Selayaknya hari besar lainnya, banyak persiapan yang harus...

Ladies, Kenali 6 Tanda Cowok Parasit yang Perlu Diwaspadai

TELENEWS.ID - Hubungan mantan pasangan Laura Anna dan Gaga Muhammad kembali memanas. Laura yang merasa dirugikan baik secara fisik maupun finansial, akhirnya...

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID - Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya,...

Hati-hati, Dokter Peringatkan Bahaya Memakai Celana Jeans Ketat Bagi Organ Intim Wanita

TELENEWS.ID - Praktis, stylish dan bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja membuat celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit kaum...