Home Daerah Bupati Kendal Gelar Pelatihan Orientasi Ekspor Secara Daring

Bupati Kendal Gelar Pelatihan Orientasi Ekspor Secara Daring

TELENEWS.ID – Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, memberikan dukungan agar Usaha Kecil dan Menengah (UKM) lokal semakin dikenal secara luas dengan memberikan kegiatan Coaching Program for New Exporters (CPNE).

CPNE ini sendiri merupakan program pelatihan sekaligus pendampingan pada pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha yang berorientasikan ekspor. Kegiatan ini akan berlangsung selama satu tahun, dimana bertujuan untuk menciptakan eksportir perdana dari kendal dan menjadi pelaku usaha yang lebih bankable.

Acara CPNE berlangsung secara daring di tengah kondisi pandemi, dimana Bupati Kendal memberikan sambutan dalam acara pembukaan yang berlangsung pada Selasa (22/06/2021). Dico mengatakan jika dirinya sangat optimis dengan kegiatan ini bisa berjalan dengan baik dan menghasilkan pelaku ekspor handal asli dari kendal.

Meskipun acara berlangsung secara daring, Dico berharap jika semua pihak baik dari penyelenggaran hingga peserta bisa tetap antusias dalam mengikuti acara tersebut. Dimana ini bukan hanya pelatihan namun juga pendampingan secara berkala dengan jangka waktu satu tahun, diharapkan dalam waktu dekat akan segera muncul eksportir handal dari kendal.

“Maka dengan sinergitas ini nantinya dapat mendorong pengembangan usaha di sektor UMKM untuk menghasilkan pelaku eksportir baru dan membantu promosi produk unggulan UKM menuju pasar dunia. serta memberikan dukungan dalam menjalankan ekspor perdana dan pendampingan kepala calon eksportir agar menjadi lebih bankable” ujar Dico

Dico menambahkan, UMKM memiliki peran penting dan strategis untuk meningkatkan kondisi ekonomi di Kendal, apalagi di tengah kondisi pandemi saat ini. Diperlukan pelaku usaha yang inovatif, baik dalam mengembangkan usaha hingga pemasaran dengan platform digital. Sehingga produk usaha unggulan lokal tidak akan dikenal oleh masyarakat sekitar namun juga bisa menembus pasar ekspor.

Baca juga :  Kendal Dapat Stimulan BSPS 1.000 Unit RTLH dari Kemen PUPR

Dico juga menjelaskan pada seluruh pihak, jika kegiatan ini bukan sekedar memberikan pelatihan saja melainkan memberikan pendampingan terus pada seluruh peserta pelatihan. Untuk menciptakan jaringan komunikasi untuk meningkatkan keberhasilan. Dimana program ini akan bersifat tematik ekspor, nantinya akan ada produk lokal yang harus menembus pasar mancanegara.

Dico sendiri berharap adanya pelatihan tematik ekspor CPNE ini dapat menjadi titik pencerahan bagi pelaku UMKM agar mengubah mindset menjadi berorientasi ekspor. Dimana pelatihan ini akan bertujuan untuk menghilangkan kendala yang dihadapi untuk memulai ekspor, selain itu diharapkan Kendal bisa mendukung ekspor nasional di tahun 2021.

Baca juga :  Kendal Dapat Stimulan BSPS 1.000 Unit RTLH dari Kemen PUPR

Pertumbuhan ekonomi inilah yang diharapkan bisa jadi jalan terang untuk mengembalikan kondisi ekonomi menjadi lebih stabil. Dimana ini akan berpusat pada UMKM lokal, sehingga produk lokal asli Kendal bisa dikenal hingga mancanegara. (Chairunisa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Startup Indonesia Lakukan PHK Besar, Ada Apa?

TELENEWS.ID – Beberapa hari lalu, perusahaan startup Indonesia seperti LinkAja, Zenius, SiCepat, dan JD.ID melakukan pemutusan hubungan kerja kepada sejumlah karyawannya. Hal...

Elon Musk Batal Bangun Pabrik Tesla di India, Peluang Indonesia Semakin Besar

TELENEWS.ID – Dikutip dari India Times dan ABP Live, Elon Musk memutuskan untuk tidak berinvestasi di India dalam membangun pabrik mobil Tesla...

Ibukota Akan Pindah, Bagaimana Pertahanan Udaranya?

TELENEWS.ID - Pemindahan Ibukota negara ke Penajam, Paser Utara, Kalimantan Timur harus dibarengi dengan pertahanan udara yang maksimal. Karena, posisi Ibukota tersebut...

Pemprov DKI Mengandalkan SPAM untuk Mengatasi Akses Air Bersih

TELENEWS.ID - Untuk mengatasi masalah banjir dan juga menanggulangi masalah air bersih di DKI Jakarta, Pemprov DKI Jakarta mendapatkan kucuran dana dari...