Home Otomotif MotoGP Berakhir, Superbike (WSBK 2021) dan GT World Challenge Asia (GTWC) 2022...

MotoGP Berakhir, Superbike (WSBK 2021) dan GT World Challenge Asia (GTWC) 2022 Siap Digelar di Mandalika

TELENEWS.ID – Media communications Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Gatot Widakdo menyampaikan bahwa Sirkuit Mandalika akan dimanfaatkan juga untuk pergelaran balap mobil GT World Challege Asia 2022 pada Oktober 2022 mendatang. Federation Internasionale de I’Automobile (FIA) pada Kamis (24/03/2022) sudah mencapai tahap homologasi untuk pelaksaan GTWC Asia.

Diketahui bahwa tahap ini diikuti oleh 4 delegasi dari FIA, Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria, dan IMI. Hal ini termasuk ke dalam uji kelayakan apakah sirkuit dapat digunakan untuk adu kecepatan mobil.

GT World Challenge Asia adalah ajang balap mobil sport level asia yang dilakukan dengan mobil mewah dengan rancangan khusus untuk kecepatan tinggi dan jarak jauh. GTWC Asia ini diselenggarakan oleh SRO Motorsports Group.

GTWC sendiri bukan hanya ada di Asia namun juga ada GTWC Amerika dan GTWC Australia. Peserta dalam kompetisi ini adalah produsen mobil mewah di seluruh dunia yang memodifikasi mobil untuk bertanding kecepatan, ketahanan jarak jauh, namun juga kemewahan bersamaan.

Untuk GTWC Asia sendiri akan diikuti 8 produsen mobil mewah yaitu Aston Martin, BMW, Audi, Ferrari, Lamborghini, McLarren, Mercedes-AMG, dan Porsche.
Indonesia diketahui sudah masuk ke dalam kalender GTWC Asia sebagai tuan rumah pelaksanaan seri balap ke-6 pada 21-23 Oktober 2022.

Setelah ajang GTWC Asia digelar, Sirkuit Mandalika juga akan digunakan untuk penyelenggaraan Superbike WSBK 2022 pada 19-21 November 2022. WSBK Mandalika 2021 ini akan menjadi penyelenggaraan WSBK seri ke-13 bertajuk Pirelli Indonesian Round ini, sekaligus menjadi seri penutup dari musim 2021.

Berbeda dari GTWC Asia, Indonesia sudah menjadi tuan rumah dari World Superbike WSBK ini untuk empat kali dan Superbike WSBK Mandalika ini akan menjadi penyelenggaraan kelima untuk Indonesia.

Baca juga :  Cuma di Bandara Ini Mobil Sport Jadi Kendaraan Operasional

Sebelumnya Indonesia menjadi tuan rumah dari penyelenggaraan WSBK Superbike pada dalam 4 tahun berturut-turut yaitu pada tahun 1994, 1995, 1996, dan 1997 yang semuanya dilaksanakan di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat. Kembalinya WSBK Superbike Mandalika ini adalah penantian 20 tahun Indonesia untuk menjadi tuan rumah ajang balap motor dunia. (Angela Limawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kisah Kelam Keluarga Pendiri Gucci

TELENEWS.ID – Rodolfo Gucci atau biasa dikenal dengan Maurizio D’Ancora merupakan pendiri dan pencipta brand Gucci. Pada awalnya Rodolfo membuat brand Gucci...

Telkomsel Merugi Setelah Investasi di GOTO, Kok Bisa ?

TELENEWS.ID – PT Telkom Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya, Telkomsel melakukan investasi di PT Go To Gojek Tokopedia Tbk. Namun yang aneh...

Polemik Anggota TNI Aktif Dilantik Sebagai PJ Bupati

TELENEWS.ID – Pejabat pengganti Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun ini sudah banyak yang dilantik. Terakhir Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian telah melantik...

Kedatangan Ten Hag Memberi Angin Segar Bagi Maguire dan Van De Beek

TELENEWS.ID - Erik Ten Hag secara resmi ditunjuk sebagai pelatih utama Manchester United menggantikan Ralf Rangnick untuk musim 2022/2023. Erik datang ke...