Home Gaya hidup 6 Kesalahan Skincare yang Malah Bikin Jerawatan, Nomor 5 Paling Sering Dilakukan!

6 Kesalahan Skincare yang Malah Bikin Jerawatan, Nomor 5 Paling Sering Dilakukan!

TELENEWS.ID – Setiap wanita menginginkan kulit bebas jerawat yang sempurna. Namun kamu mungkin membuat beberapa kesalahan dalam rutinitas perawatan kulit yang justru menyebabkan jerawat atau memperburuknya. Padahal mungkin kita sudah menghabiskan banyak uang untuk membeli produk skincare yang membantu untuk mengatasi jerawat.

Namun memang dalam penggunaan skincare sendiri tidak bisa sembarangan dilakukan. Perlu kesabaran dan ketelatenan, serta pengetahuan agar tak membuat kesalahan yang justru semakin memicu timbulnya jerawat di wajah. Berikut ini ada 6 kesalahan skincare yang justru membuat wajahmu jerawatan, apa saja itu?

  1. Eksfoliasi wajah berlebihan
    Memang benar eksfoliasi akan membuat wajah lebih halus dan cerah. Namun eksfoliasi berlebihan pada wajah yang sensitif, malah bisa memicu timbulnya jerawat. Untuk kulit yang rentan jerawat, pengelupasan kimia seperti penggunaan skincare dengan kandungan asam alfa hidroksi (AHA), asam beta hidroksi (BHA), dan pengelupasan kimia lebih diandalkan. Eksfoliasi ini membantu melonggarkan sel-sel kulit mati tanpa terlalu abrasif seperti pengelupasan fisik. Namun sebelum mencoba chemical exfoliant, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit untuk produk dan aplikasi yang tepat.
  2. Salah menggunakan sunscreen
    Meskipun penting untuk melindungi kulit dari sinar matahari, beberapa jenis tabir surya dapat berkontribusi memperparah jerawat. Beberapa formula tabir surya menggunakan filter organik berbasis minyak, yang dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan jerawat. Jenis tabir surya lain yang harus dihindari adalah produk berat dan komedogenik, yang dapat menyumbat pori-pori. Cara terbaik untuk melindungi kulit adalah dengan memilih pelembab siang hari yang mengandung SPF spektrum luas, dan sunscreen berbasis mineral atau air.
  3. Menggunakan terlalu banyak atau terlalu sedikit obat jerawat
    Penggunaan produk skincare untuk jerawat harus tepat dan sesuai dosisnya. Terlalu banyak menggunakan atau terlalu sedikit mengoleskan skincare anti jerawat, tidak akan memberikan hasil yang diinginkan. Terlalu sering menggunakan obat jerawat terutama yang mengandung benzoil peroksida dan asam salisilat, juga justru bisa mengiritasi kulit. Produk-produk ini cenderung mengeringkan kulit, yang dapat memicu produksi minyak. Semakin berminyak kulit, semakin besar kemungkinan pori-pori tersumbat.
  4. Mencuci wajah dengan air hangat
    Mencuci wajah dengan menggunakan air hangat mungkin terasa menyegarkan. Namun air hangat yang terlalu panas untuk kulit, justru bisa memicu munculnya jerawat. Terlalu sering mencuci wajah dengan air hangat akan merusak skin barier, juga dapat melarutkan dan membersihkan minyak alami pada kulit sehingga membuatnya kering dan teriritasi.
  5. Terlalu sering mencuci muka
    Mungkin kamu beranggapan bahwa dengan sering mencuci muka, maka akan membuat kulit semakin glowing dan sehat. Faktanya tidak begitu. Membersihkan wajah adalah langkah penting dalam memerangi dan mencegah jerawat, tetapi mencuci wajah secara berlebihan justru memberikan efek sebaliknya. Dermatologis percaya bahwa membersihkan kulit terlalu sering, dapat mengganggu keseimbangan pH dan minyak alaminya. Menggunakan terlalu banyak produk yang untuk membantu mengeringkan minyak berlebih, justru dapat membuat kulit terlalu kering dan menyebabkan kelenjar minyak menghasilkan lebih banyak sebum yang memicu jerawat.
  6. Menggunakan moisturizer yang tidak tepat
    Bahkan jika kamu memiliki kulit berminyak, pelembab atau moisturizer tetap menjadi keharusan. Saat kulit berminyak, kulit mungkin masih mengalami dehidrasi. Minyak diproduksi oleh kelenjar sebaceous untuk melindungi kulit dari iritasi dan dehidrasi. Tapi, ketika terlalu banyak minyak yang dihasilkan dan bercampur dengan kotoran yang menyumbat pori-pori, maka terjadilah jerawat. Untuk menjaga kulit terhidrasi dengan baik dan lembab, pakailah pelembab yang tepat yang cocok dengan kulitmu. (Yuyun Amalia)
Baca juga :  Viral Dugaan Pelecehan Seksual Oleh Guru SMA, Inilah Cara Lindungi Anak Dari Tindak Pelecehan di Sekolah
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Waspada! Ada Aplikasi dan Web Ilegal MyPertamina, Jangan Asal Akses

TELENEWS.ID - Masyarakat perlu berhati-hati terhadap akses situs dan aplikasi MyPertamina yang dianggap ilegal. Sudah beredar situs dan aplikasi...

Hasil Kunjungan Jokowi ke Ukraina, Pembahasan Soal Perdamaian dan Kondisi Ukraina Saat Ini

TELENEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Istana Negara Ukraina, Maryinsky, Kyiv pada Rabu (29/06/2022)...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 29 Juni 2022

TELENEWS.ID – Hari kedua babak 32 besar dalam turnamen Petronas Malaysia Open 2022 pada Rabu (29/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, menghasilkan...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 28 Juni 2022

TELENEWS.ID – Turnamen tertinggi versi BWF, Petronas Malaysia Open 2022 telah digelar pada Selasa (28/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia. Sayangnya,...