Home Daerah Jawa Hendi : Museum Bubakan Akan Menjadi Tempat Wisata Menarik di Tengah...

Hendi : Museum Bubakan Akan Menjadi Tempat Wisata Menarik di Tengah Kota Semarang 

Pengerjaan proyek Museum Bubakan, Semarang (ist)

TELENEWS. id,  SEMARANG – Ditengah situasi pandemi Covid-19, Pemerintah Kota Semarang akan terus mengerjakan sejumlah proyek pembangunan infrastruktur di Kota Semarang. Salah satunya adalah pengerjaan pembangunan Museum Bubakan. 

Diketahui,  Bundara Bubakan  yang dulunya merupakan taman air mancut kini disulap menjadi museum dengan Polder dan Scupture. Ini akan disiapkan menjadi tempat wisata menarik di tengah Kota Semarang. 

Wali Kota Semarang,  Hendra Prihadi mengatakan,  Bundara Bubakan akan menjadi destinasi  yang menarik,  karena selain menjadi destinasi wisata dengan sclupture dan jembatan kaca,  ada sarana edukasi yaitu belajar mengenai sejarah Kota Lama Semarang. 

Selain itu,  juga berfungsi sebagai pengendali banjir dengan kolam poldernya. 

“Bubakan ini kalau sudah selesai akan menjadi destinasi yang menarik.  Bagian bawahnya ada kolam polder yang memiliki fungsi retensi banjir,  di atasnya ada kolam indah yang dilengkapi dengan jembatan kaca serta terdspat musem Kota Lama Semarang dan ada artefak berupa ujung benteng (bastion)  Kota Lama, ” kata Hendi sapaan akrabnya , Selasa (25/8/2020).

Sementara itu,  Artefak yang dimaksud adalah ujung benteng yang ditemukan di bawah bundaran. Artefak itu nantinya akan dipertotonkan di dalam sebuah kotak kaca sehingga pengunjung dapat melihat secara langsung peningalan sejarah kota lama. 

Diketahui,  Pemerintah Kota Semarang bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR),  akan menggarap Museum Kota Lama,  kolam retensi lengkap dengan Infrastruktrlurnya yang menelan anggaran sebesar Rp 15 Miliar. 

Adapun pembangunan musem tersebut mengharuskan pemberlakuan penutupan sementara jalan di seputaran Bundaran Bubakan. Penutupan jalan sudah di mulai sejak Tanggal 22 Agustus 2020- 22 November 2020 mendatang. 

Sementata itu,  untuk menghindari kemacetan, penutupan jalan akan dibagi menjadi empat segmen dan penutupan akan dilaksanakan secara bergantian sesuai jadwal pengerjaan. 

Baca juga :  Update 26 Maret , Tambah 103 Kasus, Total 893 Positif Covid 19, 78 Meninggal

Hendi berharap warga Kota Semarang bersabar dan memaklumi apabila perjalanan yang melewati Bundara Bubakan menjadi sedikit terganggu. 

“Untuk warga yang mau melewati Bundaran Bubakan harap maklum dan bersabar apabila perjalannya terganggu akibat proses pengerjaan Bundaran Bubakan,  mudah-mudahan tidak lama lagi akan selesai, ” ucapnya. (Antony)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID - Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya,...

Hati-hati, Dokter Peringatkan Bahaya Memakai Celana Jeans Ketat Bagi Organ Intim Wanita

TELENEWS.ID - Praktis, stylish dan bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja membuat celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit kaum...

Manchester United Ditangan Ralf Rangnick, Apakah Mampu Bersaing?

TELENEWS.ID - Belakangan nama Ralf Rangnick mencuat di kancah dunia sepak bola untuk menjadi juru taktik klub Manchester United. Seperti diketahui bersama,...

Etika Berinteraksi dengan Penyandang Disabilitas

TELENEWS.ID - 3 Desember diperingati sebagai Hari Penyandang Disabilitas Internasional. Peringatan ini digagas untuk meningkatkan kepedulian kepada para penyandang disabilitas, yang sering...