Home Gaya hidup Penting di Masa Pandemi, 3 Jenis Vitamin yang Dibutuhkan Anak untuk Meningkatkan...

Penting di Masa Pandemi, 3 Jenis Vitamin yang Dibutuhkan Anak untuk Meningkatkan Imun Tubuh Mereka

Telenews.id- Di masa pandemi seperti sekarang ini, anak-anak butuh lebih banyak asupan vitamin dan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang mereka. Di masa pertumbuhan, tentunya anak-anak lebih rentan terkena berbagai macam penyakit apabila tak mendapatkan asupan vitamin dan nutrisi yang seimbang.

Di samping vitamin dan nutrisi dari makanan yang mereka konsumsi sehari-hari, sangatlah penting bagi orangtua untuk memberikan tambahan asupan vitamin, guna meningkatkan daya tahan tubuh anak agar tidak mudah terkena penyakit. Namun sebenarnya, apabila si kecil mendapatkan asupan vitamin dan nutrisi yang cukup dari makanan sehari-hari, ia tak membutuhkan vitamin tambahan dalam bentuk suplemen.

Namun ada beberapa kondisi yang membuat anak perlu mengkonsumsi tambahan vitamin, yaitu:
• Balita tidak mendapatkan gizi seimbang dari makanan yang dikonsumsi
• Si kecil cenderung susah makan
• Anak-anak dengan kondisi kronis tertentu seperti asma dan masalah pencernaan
• Balita yang biasa mengkonsumsi makanan cepat saji dan olahan
• Anak-anak vegetarian yang memerlukan suplemen zat besi
• Balita terlalu banyak minum soda yang membuat tubuh melepaskan vitamin dan mineral dari tubuh

Ada banyak jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Meski manfaatnya sangat banyak, bukan berarti harus mengkonsumsi dalam jumlah berlebihan. Untuk asupan vitamin si kecil, ada tiga jenis vitamin yang sebaiknya diberikan dan kaya manfaat untuk membantu meningkatkan imun tubuh mereka. Apa saja itu?

  1. Vitamin A
    Vitamin A adalah salah satu dari empat vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin ini memiliki manfaat sebagai antioksidan, yang membantu melindungi tubuh si kecil dari serangan penyakit kronis. Vitamin A memiliki peran penting untuk penglihatan, kesehatan kulit, produksi sel, sistem kekebalan tubuh, dan perlindungan dari infeksi.
Vitamin A Sumber Gambar Adobe Stock

Fungsi vitamin A yang paling utama adalah membantu menjaga ketajaman mata buah hati, dan berperan penting dalam pertumbuhan retina. Selain itu, vitamin A juga berperan untuk membantu meningkatkan dan memperkuat sistem imun tubuh si kecil. Manfaat lain dari vitamin A adalah membantu pertumbuhan tulang dan gigi, serta regenerasi jaringan tubuh sehingga penyembuhan luka menjadi lebih cepat dan efektif.

  1. Vitamin C
    Vitamin C erat kaitannya dengan pencegahan penyakit, dan meningkatkan imun tubuh. Karena si kecil sedang dalam masa pertumbuhan, vitamin C jadi elemen penting yang bermanfaat untuk kesehatan mereka.
Baca juga :  Vaksinasi dan Perang Melawan Penyakit Menular Dari Masa Ke Masa
Vitamin C – Sumber gambar Adobe Stock

Manfaat penting dari vitamin C adalah membantu membentuk dan memperbaiki sel darah merah, untuk kesehatan tulang, dan jaringan tubuh. Vitamin ini membantu gusi anak tetap sehat, dan memperkuat pembuluh darah mereka. Selain itu, vitamin C punya manfaat untuk meminimalkan memar akibat terjatuh. Vitamin C juga membantu penyembuhan luka, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mencegah infeksi.

  1. Vitamin E
    Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh. Kekurangan vitamin E dapat menyebabkan masalah neurologis, seperti kerusakan saraf dan otot yang dapat menyebabkan hilangnya rasa pada lengan dan kaki, kontrol gerakan tubuh yang buruk, dan kelemahan otot.
Vitamin E – Sumber Berita Adobe Stock

Vitamin E meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan kuman. Vitamin E juga membuat pembuluh darah terbuka cukup lebar agar darah mengalir dengan bebas, dan membantu sel-sel tubuh bekerja secara optimal untuk tumbuh kembang si kecil.

Baca juga :  Vaksinasi dan Perang Melawan Penyakit Menular Dari Masa Ke Masa

Vitamin A, C dan E bisa didapatkan dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Aneka jenis sayuran terutama yang berwarna oranye, merupakan sumber vitamin A yang dibutuhkan si kecil.

Sementara Itu vitamin C bisa didapatkan dari berry-berryan dan jeruk, brokoli, bayam dan kentang. Sedangkan vitamin E, bisa diperoleh dari aneka jenis kacang-kacangan, buah bit dan labu.

Selain itu untuk menyempurnakan menu harian si kecil, orangtua dapat memberikan tambahan YoyiC drinking yogurt yang memiliki kandungan vitamin A, C, E, B3 dan D3 di dalamya.

YoyiC memiliki cita rasa segar karena mengandung buah asli, yang pastinya akan disukai oleh anak-anak. Kandungan vitamin A, C dan E dan vitamin lainnya pada ada YoyiC drinking yogurt; akan membantu untuk memenuhi asupan dan nutrisi si kecil di masa pandemi

Pastikan untuk selalu menyediakan YoyiC di rumah, sebagai minuman pilihan keluarga. (Yuyun Amalia untuk YoyiC Indonesia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Berniat Menghibur, Tapi 5 Hal Ini Tak Boleh Dilakukan pada Wanita yang Suaminya Meninggal Dunia

TELENEWS.ID - Betapa hancur hati Nadzira Shafa istri dari almarhum Ameer Azzikra, adik selebgram Alvin Faiz yang tak lain juga putra kedua...

Permohonan Gubernur Anies Baswedan untuk bertemu dengan Bapak Presiden Ir. Joko Widodo

TELENEWS.ID - Saya, Prof. Otto Cornelis Kaligis, Warga Binaan Lapas kelas satu Sukamiskin Bandung, dalam kedudukan saya sebagai praktisi dan ahli hukum,...

Inikah 5 Alasan Nekat Pria Berselingkuh Meski Sudah Punya Pasangan Sempurna?

TELENEWS.ID - Beberapa waktu lalu jagat media sosial dikejutkan dengan kabar YouTuber dan influencer Nessie Judge yang mengakhiri hubungan dengan kekasihnya, Bram...

Pemerintah Hormati Putusan MK Terkait UU Cipta Kerja

TELENEWS.ID - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pemerintah menghormati dan segera melaksanakan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 91/PUU-XVIII/2020 terkait Undang-Undang (UU) Nomor...