Home Gaya hidup Aksi Baim Wong Tegur Pak Tua Diduga Pengemis Dikritik, Ini Cara Halus...

Aksi Baim Wong Tegur Pak Tua Diduga Pengemis Dikritik, Ini Cara Halus dan Tepat Untuk Menolak Pengemis

TELENEWS.ID-Baim Wong menjadi sorotan publik. Bukan karena kelahiran anak keduanya, namun kali ini Baim menerima kritikan pedas atas perlakuannya pada sosok pria tua yang diduga seorang pengemis. Video Baim yang dianggap kurang sopan pada sosok pria tua itu viral dan membuatnya ramai kritikan warga net.

Awalnya beredar sebuah video dimana Baim tampak menegur kakek-kakek yang terus mengikutinya dan putranya. Baim sendiri agaknya kesal dengan aksi sang kakek yang terus mengikutinya itu. “Terus apa hubungannya ngejar-ngejar saya minta-minta uang?,” tegur Baim. Sang kakek pun kemudian mengungkapkan maksudnya pada bapak dua anak ini.

“Bantu saya, saya jualan ini,” kata si kakek. Namun Baim sendiri tampak kurang suka dengan aksi si kakek yang mengikuti dirinya. “Ngikut-ngikutin saya sampai berapa kilo tadi, ngapain jangan (minta-minta), enggak ada,” katanya sambil menjauhi sang kakek.

Baim pun menuding si kakek tua mengikutinya karena ingin mengemis. “Masak ngemis ngikutin, malu-maluin aja, ngejar-ngejar minta duit, jangan gitu engggak bagus, minta dikasihani mulu hidup, jangan,” lanjut Baim. Aksi Baim inipun mendapatkan pro dan kontra dari warga net.

Ada yang setuju dengan sikap Baim, namun ada juga yang menganggap apa yang dilakukan oleh suami Paula Verhoeven ini sudah sangat keterlaluan. Apalagi sempat terdengar si kakek tua sebenarnya ingin menawarkan daganganya kepada Baim Wong. “Watak asli Baim keluar, dia baik karena konten bagi-bagi uang dapat uang,” tulis seorang warga net. “Setidaknya hargainlah itu kan orang tua” kritik yang lainnya lagi.

Menghadapi orang yang minta-minta ke kita memang sesuatu yang dilematis. Disatu sisi naluri kemanusiaan kita ingin menolong, namun disisi lain khawatir apa yang mereka lakukan merupakan suatu modus penipuan. lalu bagaimana cara yang tepat dan halus untuk menolak pengemis atau orang yang minta-minta ke kita?

  1. Jangan mengabaikan mereka
    Daripada mengabaikan dan pura-pura tak melihat mereka, lebih baik untuk mengangguk dan tersenyum pada orang yang meminta-minta uang ke kita. Ini adalah salah satu bentuk kemanusiaan, dimana kamu menyadari kehadiran orang-orang tersebut disekitar kita.
  2. Tolak untuk memberi uang kepada mereka
    Kata-kata seperti “engga” atau “ga ada” mungkin akan terdengar kasar dan tak jarang membuatmu merasa bersalah. Karena itu kamu bisa mengatakan bahwa kamu ingin menolong, tapi kamu sedang buru-buru atau tidak memiliki uang tunai. Hal ini lebih baik daripada membentak sambil mengatakan “tidak” ke mereka.
  3. Tanyakan apa mau mereka
    Beberapa orang terpaksa meminta-minta karena memang tak tahu lagi apa yang harus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Kamu bisa kok menanyakan apa yang mereka inginkan. Kalau mereka mengaku lapar, alih-alih uang; kamu bisa membelikan makanan dan minuman pada mereka. Hal ini juga akan membantumu mendeteksi apa modus dari pengemis tersebut. Kalau mereka mengaku lapar tapi menolak kamu beri makanan, ini artinya mereka adalah orang yang minta-minta bukan karena terpaksa namun memang malas bekerja.
  4. Jangan beri uang pada pengemis anak-anak
    Ini karena tak jarang ada orang tua atau sindikat yang tega mempekerjakan anak-anak untuk mengemis. Meski tak tega, namun sebaiknya kamu tak memberikan uang kepada mereka. Kamu bisa memberikan makanan dan minuman, untuk menghindari aksi jahat orang dewasa yang hanya memanfaatkan mereka saja.
Baca juga :  Dari Kabar Putusnya Awkarin dan Gangga, Ini 4 Tips Healing Saat Kamu Batal Menikah
Baca juga :  5 Hal yang Membuat Self Love Menjadi Toxic dan Menghancurkan Dirimu Sendiri

Itulah beberapa cara halus dan tepat untuk menolak pengemis yang mendatangi kita. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Startup Indonesia Lakukan PHK Besar, Ada Apa?

TELENEWS.ID – Beberapa hari lalu, perusahaan startup Indonesia seperti LinkAja, Zenius, SiCepat, dan JD.ID melakukan pemutusan hubungan kerja kepada sejumlah karyawannya. Hal...

Elon Musk Batal Bangun Pabrik Tesla di India, Peluang Indonesia Semakin Besar

TELENEWS.ID – Dikutip dari India Times dan ABP Live, Elon Musk memutuskan untuk tidak berinvestasi di India dalam membangun pabrik mobil Tesla...

Ibukota Akan Pindah, Bagaimana Pertahanan Udaranya?

TELENEWS.ID - Pemindahan Ibukota negara ke Penajam, Paser Utara, Kalimantan Timur harus dibarengi dengan pertahanan udara yang maksimal. Karena, posisi Ibukota tersebut...

Pemprov DKI Mengandalkan SPAM untuk Mengatasi Akses Air Bersih

TELENEWS.ID - Untuk mengatasi masalah banjir dan juga menanggulangi masalah air bersih di DKI Jakarta, Pemprov DKI Jakarta mendapatkan kucuran dana dari...