Home Daerah Helm Berkamera, Senjata Baru Polantas Jateng Terapkan ETLE

Helm Berkamera, Senjata Baru Polantas Jateng Terapkan ETLE

TELENEWS.ID – Polda Jawa Tengah (Jateng) kini tengah mempersiapkan penerapan Electronic Traffic Law Enfercement (ETLE) atau tilang digital.

Dimana kini Kepolisian telah melengkapi helm polantas yang bertugas dengan kamera.

Hal ini bertujuan saat polantas sedang melakukan patrol lapangan, saat menemukan adanya pelanggaran yang dilakukan pengendara motor, maka kamera tersebut akan merekam kejadian dan menjadikannya barang bukti pelanggaran lalu lintas (lalin) tersebut.

Hal ini dikemukakan oleh Kombes Pol Rudi Syarifudin setelah membuka Bimbingan Teknis Penegakan Hukum Ditlantas Polda Jateng di Mabespol Jateng Semarang pada Selasa (2/3/2021).

“Petugas (polantas) akan menggunakan helm berkamera saat bertugas dan melakukan patroli lapangan” ujar Rudi.

Saat ditemukan adanya pelanggaran lalin, nantinya polantas akan merekam kejadian tesebut dan memberikan teguran langsung kepada pelanggar lalin dan menginformasikan letak kesalahan yang dilakukan.

Pada implementasinya polantas hanya akan memberikan teguran dan edukasi pada pengendara yang melanggar lalin dan tidak melakukan penilangan secara langsung. Hal ini sesuai dengan penerapan ETLE.

Pelanggar lalin akan mendapatkan surat tilang resmi dengan dilengkapi bukti dari tangkapan kamera ETLE dan kamera helm petugas polantas.

Di masa uji coba pemberlakuan ETLE, pada prakteknya semua pelanggaran yang terjadi di lapangan tidak akan mendapatkan tilang secara langsung seperti biasanya.

Petugas polantas hanya akan merekam kejadian pelanggaran dan memprosesnya pada sistem ETLE, kemudian akan diberikan tilang secara resmi berupa surat tilang elektronik dengan bukti ETLE ke alamat yang tertera di STNK milik pelanggar lalin.

Sistem tilang elektronik dengan menggunakan ETLE ini baru akan diluncurkan pada 17 Maret 2021 mendatang.

Saat ini sudah terpasang 27 kamera pengawas di berbagai titik Kota di Jawa Tengah.

Baca juga :  Bertandang Ke Kamasan; Desa Penghasil Teknik Lukis Unik Di Klungkung, Bali

Di kota Semarang sendiri terdapat 3 titik sebaran kamera pengawas, yaitu di Jalan Pandanaran depan RS Hermina, Jalan Brigjen Katamso dan di depan kantor BRI.

Rudi mengatakan nantinya akan terpasang 50 kamera tambahan yang tersebar di berbagai titik di Jawa Tengah, ini akan menyusul karena harus menunggu dana dari Bapenas.

“Nantinya seluruh Jawa Tengah penindakan (pelanggaran lalu lintas) berbasis teknologi informasi” pungkasnya.

Hal ini mengindikasikan bahwa tidak akan ada polisi yang akan melakukan tilang di lapangan secara langsung.

Sistem digital ini diharapkan bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk lebih displin lagi saat berlalu lintas.

Ini merupakan gagasan awal dari Kapolri, Jendral Polisi Listro Sigit Prabowo yang menginginkan tidak ada lagi penindakan polisi lansung di lapangan.

Baca juga :  Pura Lempuyang Luhur; ‘Gerbang Surga’ Pulau Dewata Yang Segarkan Mata Dan Jiwa

Sistem ETLE ini sebenarnya sudah lebih dari 3 tahun ada di beberapa titik di Jawa Tengah namun tidak dioperasikan maksimal karena belum adanya regulasi resmi dari pemerintah.

Kini setelah adanya kamera pengawas ETLE, apakah masyarakat akan lebih displin berlalu lintas atau semakin bertidak sesuka hati karena tidak ada lagi polisi yang mengawasi.

Namun anda harus berhati-hati setiap perilaku di jalan raya kini mendapat pengawasan dari petugas yang dilengkapi dengan helm berkamera dan siap menindak pelanggar lalu lintas. (Chairunisa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Ada Apa Denganmu, Emre Can?

TELENEWS.ID - Dikenal sebagai gelandang tengah berkelas kala membela Liverpool, kiprah Emre Can malah kian melempem di Borussia Dortmund saat ini. Apa...

Makan Korban Tewas, Sistem Autopilot Mobil Tesla Jadi Sorotan

TELENEWS.ID - Meski diklaim sebagai kendaraan masa depan, nyatanya sistem teknologi mobil Tesla masih dipertanyakan. Belum lama ini, mobil listrik karya Elon...

Kenali ‘Doorway Effect’, Gejala Mendadak Lupa Saat Hendak Melakukan Sesuatu

TELENEWS.ID - Pernahkah anda seketika lupa hendak melakukan sesuatu sesaat setelah melewati ambang pintu dapur, kamar mandi atau kamar tidur anda? Tenang,...

Sangat Rahasia! Mengintip Sepak Terjang CIA di Dunia

TELENEWS.ID - Amerika Serikat saat ini masih diakui sebagai salah satu Negara adidaya, di mana hampir semua kejadian yang ada di dunia...