Home Gaya hidup Lianhua Qingwen, Obat Herbal China, Benarkah Dapat Menangkal Covid-19?

Lianhua Qingwen, Obat Herbal China, Benarkah Dapat Menangkal Covid-19?

TELENEWS.ID – Selama ribuan tahun, pengobatan tradisional Tiongkok telah berperan penting dalam mengobati penyakit pada manusia. Salah satunya adalah obat Lianhua Qingwen. Dilansir dari ncbi.nlm.nih.gov. Obat ini secara resmi tercatat di Farmakope China (Edisi 2015) dan telah digunakan untuk mengobati virus influenza selama lebih dari satu dekade, termasuk dalam melawan SARS pada 2002-2003 di China.

Obat ini adalah obat herbal yang mengandung bahan-bahan alami. Obat ini telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI sebagai obat Tradisional dari China yang diproduksi oleh SHIJIAZHUANG YILING PHARMACEUTICAL CO LTD.

Baca Juga : Minuman Tradisional Populer Sebagai Pencegah Covid-19

Banyak pemberitaan dari hasil uji klinis sementara yang menyatakan bahwa obat ini efektif untuk meredakan gejala Covid-19, sehingga membuatnya laku di pasaran terutama dimasa pandemi seperti sekarang ini.

Hal ini berdampak pada banyaknya pemalsuan obat dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Dilansir dari laman farmasetika.com, berdasarkan hasil uji klinis terbatas pada 284 pasien Covid-19 menunjukkan bahwa obat ini efektif mengurangi gejala dan aman untuk digunakan.

Penelitian ini diterbitkan di jurnal Phytomedicine pada Mei 2020 dan diperkuat oleh jurnal lainnya dari PIOSOne pada 11 September 2020 yang meneliti secara retrospektif kepada 154 pasien Covid-19.

Obat herbal ini memiliki bahan andalan seperti Lonicera Japonica dan Forsythia Suspensa yang dapat memblokir pengikatan SARS-CoV-2 dengan enzim pengubah Angiotensin.

Cablin Pogostemon telah terbukti dapat membantu menyembuhkan diare dan meningkatkan pertahanan tubuh pada saluran pencernaan.

Sedangkan bahan rhodiola rosea dapat membantu memperbaiki kerusakan paru-paru akibat penekanan stress oksidatif dan apoptosis penghentian peradangan paru.

Penelitian ini telah menunjukkan bahwa obat Lianhua Qingwen cukup efektif sebagai obat penangkal atau anti virus. (ADS)

Baca juga :  Minuman Tradisional Populer Sebagai Pencegah Covid-19

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

PUBG New State Diluncurkan, Apa Bedanya Dengan PUBG Mobile ?

TELENEWS.ID - Para penggemar game mobile online, khususnya PUBG, sedang dihebohkan dengan peluncuran PUBG New State pada Kamis lalu (25/3/2021).

Mengapa Pierluigi Collina begitu Disegani?

TELENEWS.ID - Apa jadinya sepak bola dimainkan tanpa wasit? Wasit adalah sosok penting untuk pertandingan sepak bola dan menjadi pengadil bagi dua...

Tak Mau Kalah, Huawei Ikut Kembangkan Mobil Listrik

TELENEWS.ID - Raksasa teknologi asal Tiongkok, Huawei, berencana membuat mobil listrik dengan mereknya sendiri, dan beberapa model bahkan mungkin diluncurkan sebelum akhir...

Amnesty International Kecam Kriminalisasi Terhadap Masyarakat Adat

TELENEWS.ID - Pada hari Sabtu, (27/2/2021), tiga tokoh masyarakat adat Dayak, Modang Long Wai - Daud Luwing, Benediktus Beng Lui dan Elisason,...