Home Travel Haji & Umrah Sempat Ditutup Sementara, Visa Umrah Indonesia Kembali Dibuka

Sempat Ditutup Sementara, Visa Umrah Indonesia Kembali Dibuka

TELENEWS.ID – Setelah sempat ditutup sementara, semenjak ditemukannya 13 orang warga Indonesia positif Covid-19, akhirnya visa umrah untuk jamaah Indonesia kembali dibuka sejak Kamis (19/11).

Sebelumnya pada keberangkatan umrah pada tanggal 1 November 2020 ditemukan ada 8 calon jamaah positif Covid-19, dilanjutkan pada keberangkatan tangal 3 November 2020 ditemukan ada 5 calon jamaah positif Covid-19.

Menurut Menteri Agama RI Fachrul Razi menilai, faktor utama penyebab adanya 13 calon jamaah yang positif Covid, karena lalainya penerapan protokol kesehatan pra keberangkatan. Contohnya, seperti tidak melakukan karantina mandiri hingga tes PCR yang dilakukan secara mendadak.

Sementara itu, Kepala Bidang Umrah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah RI (AMPHURI) Zaki Zakaria juga menilai, bahwa sebelumnya juga telah ditemukan perbedaan hasil PCR pada keberangkatan grup pertama ketika masih berada di Indonesia dengan hasil PCR ketika jamaah telah sampai di Arab Saudi. Hal itu disebabkan kurang ketatnya protokol kesehatan yang terjadi pada salah satu tempat lokasi tes PCR di Jakarta. “Penyebabnya, penumpukkan calon jamaah yang akan melakukan tes PCR saat itu,” kata Zaki.

Selain itu, penundaan visa umrah juga bertujuan untuk lebih meningkatkan sistem protokol kesehatan yang lebih baik lagi. Dan berdasarkan data yang dimiliki oleh Zaki, penghentian visa umrah sementara di Saudi karena adanya pula perbaikan sistem yang sempat mati selama empat hari.

AMPHURI sempat merilis surat kepada para pengelola travel umrah agar lebih selektif dalam memilih calon jamaah yang hendak diberangkatkan ke Saudi. Salah satunya dengan menghimbau agar tidak menerima pendaftaran bagi calon jamaah yang memiliki riwayat komorbid, yaitu penyakit penyerta.

AMPHURI juga menyarankan agar pengelola travel umrah agar membuat surat pernyataan yang ditandatangani oleh calon jamaah, bahwa mereka tidak akan menuntut apabila terpapar Covid-19 sejak sebelum keberangkatan, selama berada di Saudi hingga tiba kembali di Tanah Air.

Baca juga :  Pemerintah Akan Datangkan Bus dari Indonesia untuk Layani Jamaah Umrah dan Haji

Kemenag juga berpesan kepada travel umrah, agar lebih ketat dalam menjalankan protokol kesehatan, supaya tidak ada lagi jamaah positif Covid-19 yang lolos sampai ke Mekkah.

Oman Faturahman, Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah mengatakan bahwa sejak 8 November kemarin, jamaah asal Indonesia untuk sementara belum ada pemberangkatan lagi. “Alhamdulillah, kini visa umrah sudah bisa di issued kembali dan mudah-mudahan setelah tanggal 20 November akan ada pemberangkatan jamaah umrah,” kata Oman.

Calon jamaah umrah yang sedianya akan berangkat tanggal 15 November 2020 dengan total kurang lebih 80 calon jamaah, tambah Oman, akan direschedule kembali.

Kabar yang cukup menggembirakan, bahwa mulai Minggu 22 November 2020, jamaah umrah asal Indonesia bisa diberangkatkan kembali ke Tanah Suci. Diperkirakan total ada sekitar 300 calon jamaah umrah asal Indonesia.

Baca juga :  Pemerintah Akan Datangkan Bus dari Indonesia untuk Layani Jamaah Umrah dan Haji

Kementerian Agama sesuai dengan tugas dan fungsinya setelah berkoordinasi dengan komisi VIII, selanjutnya juga akan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan, BNPB dan juga otoritas Saudi akan lebih ketat lagi dalam menerapkan protokol kesehatan bagi calon jamaah umrah.

Ini harus dipahami sebagai bagian dari perlindungan pemerintah terhadap calon jamaah umrah kita. Mudah-mudahan dapat terlaksana ibadah umrah dengan tetap selamat dan tetap menjaga kesehatan.

Penulis : Dwi Eppy

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Tahun 2021 Dibuka dengan Rentetan Bencana

TELENEWS.ID- Belum genap satu bulan mengakhir Januari 2021 ini. Indonesia terus disuguhkan dengan kabar Menyayat hati.Bahkan, tahun 2021...

Song Yoo Jung Meninggal Dunia Karena Bunuh Diri

TELENEWS.ID- Aktris sekaligus model asal Korea Selatan, Song Yoo Jung diberitakan meninggal dunia. Seperti dikutip dari All K-Pop, Senin (25/1), Song Yoo...

Jepang Tetap Lanjutkan Olimpiade 2021 di Tengah Pandemi

TELENEWS.ID - Di saat masyarakat dunia tengah kelimpungan dan saling berpegangan di tengah pandemi, Jepang justru tetap mengusahakan untuk menggelar Olimpiade 2021...

TNI AL Hadang Kapal Taiwan di Perairan Natuna

TELENEWS.ID - Terjadi lagi kejar-kejaran antara kapal TNI AL dan kapal milik asing di perairan Natuna. Kali ini, Indonesia melalui patroli rutin...