Home Metropolitan TNI AU Melakukan Rekayasa Cuaca untuk Memindahkan Hujan

TNI AU Melakukan Rekayasa Cuaca untuk Memindahkan Hujan

TELENEWS.ID – Upaya untuk menanggulangi banjir terus dilakukan oleh berbagai macam pihak, tidak terkecuali dari TNI AU yang melakukan modifikasi cuaca. Tujuannya supaya hujan tidak turun di wilayah DKI Jakarta, melainkan akan dipindahkan ke perairan.

Metode ini dinamakan TMC atau Teknologi Modifikasi Cuaca. Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI Angkatan Udara, Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah mengatakan bahwa pihaknya selama 3 hari ini bekerja untuk memindahkan hujan.

TNI AU akan menyemai hujan di wilayah perairan sehingga air hujan akan jatuh di laut. Pertumbuhan awan dimodifikasi di lokasi yang akan terjadi hujan. Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah memberikan keterangannya kepada awak media pada Selasa (23/2/2021) lalu.

Indan mengklaim bahwa berkat teknologi TMC ini, hujan deras tidak turun seperti yang terjadi pada hari Sabtu (20/2/2021) lalu. TNI Angkatan Udara bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dalam melakukan metode ini.

Indan mengatakan bahwa hari Minggu (21/2/2021) pada pagi hari, pesawat Casa C-212 milik TNI AU terbang membawa garam sebanyak 800 kilogram. Hal yang sama juga dilakukan pihaknya pada hari Senin (22/2/2021) lalu.

“Kami mulai jalan itu Minggu pagi menggunakan pesawat Casa 212, dia bawa 800 kg garam, kemudian terbang. Kami terbang ke lokasi yang memang ada potensi pertumbuhan awan di sana, supaya turun hujan tidak di daratan, dalam hal ini di DKI Jakarta dan sekitarnya, sehingga hujan di laut, Ini hari ketiga kami melaksanakan itu. kemarin Senin kami tambahkan armada pesawatnya dengan CN-295” Ujar Indan.

Dengan metode tersebut, diharapkan hujan tidak akan terjadi di daratan yang nantinya akan mengakibatkan genangan air semakin meluas. Banjir di Jakarta sendiri hari ini sudah menunjukkan tanda-tanda akan surut di beberapa titik.

Baca juga :  Wabah Virus Corona, Indonesia Belum Putuskan Kebijakan Lockdown

Namun BMKG tetap menghimbau kepada semua pihak untuk terus waspada karena beberapa hari ini diprediksi akan terjadi hujan dengan disertai petir dan juga angin. Lebih lanjut, BMKG memprediksi seluruh wilayah RI diguyur hujan, sementara petir-angin diprediksi terjadi di kawasan Jabodetabek. (Latief)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Serba Serbi Metatah, Ritual ‘Potong Gigi’ Wajib Bagi Remaja Bali

TELENEWS.ID - Bali mempunyai segudang ritual unik yang tiada duanya. Salah satunya adalah 'metatah' atau upacara potong gigi yang dilakukan untuk menandai...

Ada Apa Denganmu, Emre Can?

TELENEWS.ID - Dikenal sebagai gelandang tengah berkelas kala membela Liverpool, kiprah Emre Can malah kian melempem di Borussia Dortmund saat ini. Apa...

Makan Korban Tewas, Sistem Autopilot Mobil Tesla Jadi Sorotan

TELENEWS.ID - Meski diklaim sebagai kendaraan masa depan, nyatanya sistem teknologi mobil Tesla masih dipertanyakan. Belum lama ini, mobil listrik karya Elon...

Kenali ‘Doorway Effect’, Gejala Mendadak Lupa Saat Hendak Melakukan Sesuatu

TELENEWS.ID - Pernahkah anda seketika lupa hendak melakukan sesuatu sesaat setelah melewati ambang pintu dapur, kamar mandi atau kamar tidur anda? Tenang,...