Home Nasional Waduh! Tarif Bus Naik Hingga 50% Pasca Larangan Mudik

Waduh! Tarif Bus Naik Hingga 50% Pasca Larangan Mudik

TELENEWS.ID – Pasca larangan mudik yang diberlakukan pemerintah, pengusaha di sektor transportasi justru berencana naikkan tarif bus non ekonomi mulai tanggal 20 April 2021 sampai dengan tanggal 6 Mei 2021. Langkah tersebut diklaim oleh Ketua Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI), Kurnia Lesani Adnan sebagai upaya meminimalisir kerugian operasional yang sudah terjadi sejauh ini.

“Dari Jakarta ke luar bisa okupansi 100%, ke Jakarta kemungkinan bus ini kosong. Kenaikan tarif dari sisi bisnis nggak berdampak langsung ke cash flow perusahaan, tapi untuk menutupi biaya operasional yang balik kosong tadi,” ujar Sani, dikutip dari CNBC Indonesia, pada Senin (19/4/21).

Adapun besaran kenaikan sendiri yaitu berkisar antara 20-50%, sesuai dengan jarak kota yang dituju.

“Kami monitor dari reservasi mulai tanggal 20 April naik, sudah ada peningkatan pelan-pelan sampai menjelang tanggal 6 Mei. Jadi ini dasar kami menaikkan tarif, itu pun pelan-pelan. Mulai dari tanggal 25 April, makin dekat dekat makin tinggi menyesuaikan,” lanjutnya.

Sani juga mengungkapkan bahwa arus penumpang selama bulan puasa kali ini sangat landai, load factor bahkan turun hingga mencapai 40%. Namun, ketika mendekati waktu larangan mudik, masyarakat justru semakin banyak yang berminat untuk pulang kampung.

“(Peak season) akhir April menjelang awal Mei. Kalau kami estimasi dan dari call center reservasi tiket banyak masyarakat yang masih menanyakan di tanggal 30 April – 5 Mei, ini yang kelihatannya akan terjadi di pergerakan di tanggal-tanggal itu,” katanya.

Sebelumnya larangan mudik tahun ini telah tertuang dalam Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan COVID-19 No. 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah selama 6-17 Mei 2021.

Baca juga :  Ida Fauziah Menambah Deretan Menteri Terpapar Covid-19

Hal ini tentunya sangat dimanfaatkan bagi sebagian masyarakat untuk berbondong-bondong melakukan mudik dini jauh sebelum mendekati Hari Raya Idul Fitri. (Hifziyah).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Dihadiri Penggemar, Final Liga Champions UEFA Resmi Pindah ke Portugal

TELENEWS.ID - Final Liga Champions UEFA untuk musim 2020-21 antara Manchester City dan Chelsea, yang dijadwalkan pada 29 Mei di Istanbul (Turki),...

Pantai Perasi, Pesisir Timur Bali dengan ‘Pasir Perawan’ Nan Eksotis

TELENEWS.ID - Jika anda menginginkan destinasi pantai di Bali yang masih relatif baru dan jarang tersentuh, Pantai Perasi bisa jadi alternatif yang...

Van Dijk Pastikan Diri Absen Di EURO 2020

TELENEWS.ID - Punggawa andalan Liverpool, Virgil Van Dijk, akhirnya resmi memutuskan untuk absen membela Belanda di ajang EURO 2020 mendatang. Bek sentral...

Terungkap! Jeff Bezos Sempat Iri Pada Elon Musk

TELENEWS.ID - Kendati telah memegang predikat sebagai orang terkaya di dunia saat ini, Jeff Bezos rupanya pernah kuatir dengan perkembangan perusahaan SpaceX...