Home Travel Wisata Olahraga Turut Bangkitkan Sektor Pariwisata Indonesia

Wisata Olahraga Turut Bangkitkan Sektor Pariwisata Indonesia

TELENEWS.ID – Selain Wisata Kesehatan sebagai salah satu pendongkrak dalam meningkatkan pariwisata, wisata olahraga atau sport tourism juga diharapkan menjadi salah satu motor penggerak sektor pariwisata di Indonesia. 

Dengan kekayaan alam dan budaya yang dimiliki, Indonesia dinilai bisa menjadi salah satu ikon wisata olahraga dunia.

Jika melihat catatan sebelumnya, sejumlah gelaran wisata olahraga sukses selenggarakan di Tanah Air. 

Gelaran acara tersebut juga bisa menjadi ajang promosi pariwisata Indonesia ke mancanegara. 

Apalagi banyak daerah di Indonesia masing-masing juga menggelar acara yang sama untuk menarik wisatawan. 

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf, Rizki Handayani mengungkapkan, sport tourism memang telah lama dikembangkan di Indonesia, khususnya untuk mendatangkan lebih banyak wisatawan. Misalnya, event olahraga seperti Tour de Singkarak, Ironman 70.3 Bintan, dan masih banyak lagi.

Sejak diadakan pada tahun 2009 lalu, Tour de Singkarak memang menjadi salah satu event sport tourism yang selalu mengundang rasa penasaran wisatawan. 

Ajang balap sepeda yang digelar di sekitar Danau Singkarak, Sumatera Barat ini mengalami kemajuan yang relatif signifikan setiap tahunnya.

Baik dari jumlah peserta lomba, pihak penyelenggara, dan tentunya wisatawan.

Berdasarkan data dari Dinas Pariwisata setempat, jumlah wisatawan yang datang ke Sumbar saat event Tour de Singkarak digelar dan Tour de Banyuwangi Ijen selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Meskipun peminat wisata olahraga setiap tahunnya meningkat, Rizki tak menampik bahwa terjadinya pandemi membawa dampak yang cukup signifikan terhadap event ini. 

Karakteristik dari Wisata Olahraga adalah bagian dari suatu event olahraga yang dilaksanakan dalam rangka menunjang pariwisata. 

Sehingga, tentunya kegiatan ini sangat terdampak dengan adanya penundaan diadakannya event-event olahraga baik internasional maupun domestik. 

Baca juga :  Travel Bubble dan Wisata Domestik 2021

Namun demikian, semua pihak meyakini bahwa potensi wisata olahraga di Indonesia sangatlah besar sehingga dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara pasca-pandemi COVID-19. 

Hal ini jugalah yang membuat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) siap menggarap sport tourism menjadi salah satu segmentasi yang difokuskan untuk dikembangkan dalam upaya membangkitkan sektor pariwisata pasca-pandemi.

Beberapa wisata olahraga bertaraf internasional yang bisa menjadi daya tarik pariwisata Indonesia salah satunya adalah Asian Games, Tour de Banyuwangi Ijen, Ironman Bintan, Jogja International Heritage Walk, Borobudur Marathon dan banyak lainnya.

Untuk itu, Menparekraf mengajak masyarakat khususnya pelaku industri pariwisata untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya dalam menjalankan protokol kesehatan pariwisata yang berbasis CHSE, yaitu Cleanliness, Health, Safety, Environmental and Sustainability, dalam memasuki era adaptasi kebiasaan baru. 

Baca juga :  Peninggalan Megalitik di Pulau Samosir (Bag. 2)

Hal senada juga diungkapkan oleh Presiden Joko Widodo dalam sambutannya saat peringatan Hari Olahraga Nasional beberapa waktu lalu. 

Menurutnya, Indonesia memiliki kekayaan alam yang indah seperti gunung, laut, dan danau yang bisa dimanfaatkan sebagai lokasi  untuk berbagai macam acara olahraga. 

Karena itulah, wisata olahraga telah menjadi tren pariwisata baru yang pasarnya sangat luas dan berkembang. 

Terlebih,  pasca pandemi nantinya masyarakat akan cenderung memilih untuk berolahraga di tempat terbuka dan di alam bebas. (Dwi Eppy).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

RSUP Persahabatan, Peninggalan Uni Soviet di Tanah Air

TELENEWS.ID – Siapa yang tak kenal Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan. Sebagian masyarakat, khususnya semua yang tinggal di Jakarta Timur, hampir...

Awas! BMKG Peringatkan Adanya Potensi Multirisiko Bencana

TELENEWS.ID – Nampaknya kita harus lebih waspada lagi di bulan-bulan awal 2021 ini.Baru-baru ini, Badan Meteorologi, Klimatologi dan...

Bedanya Investasi Emas Online vs Offline

TELENEWS.ID – Emas telah dikenal lama menjadi instrumen investasi yang disukai banyak orang.Kemudahan dan nilainya yang relatif stabil...

Tren Skincare 2021

TELENEWS.ID – Carut marutnya masa pandemi 2020 meninggalkan banyak kebiasaan dan pola hidup yang baru pada masyarakat dunia.Di...